Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Lau Simeme di Sumut Rampung Juli Mendatang
Bendungan Lau Simeme (Foto: dok. KPUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air menargetkan pembangunan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, rampung pada Juli 2024.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, saat ini progres pembangunan bendungan itu sudah mencapai 78 persen.

"Saat ini, kami sedang menyelesaikan urusan lahan. Diharapkan, koordinasi dengan berbagai pihak bisa segera kami tuntaskan agar bendungan ini bisa selesai dan impounding di akhir Juni 2024 atau selambat-lambatnya Juli 2024," ujar Endra dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 20 Maret.

Bendungan Lau Simeme sendiri mulai dikerjakan pada 2017 dengan biaya sebesar Rp1,65 triliun. Konstruksi bendungan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya-PT Bumi Karsa (KSO) untuk Paket 1 serta PT Pembangunan Perumahan (PP)-PT Andesmon Sakti (KSO) untuk Paket 2.

Rencananya, Bendungan Lau Simeme didesain dengan tipe zonal timbunan batu yang memiliki tinggi 69,50 meter (m) dari sungai, panjang puncak bendungan 205 m dengan luas area genangan 125,84 hektare (ha).

Nantinya, bendungan berkapasitas tampung 21,07 juta meter kubik tersebut akan memiliki dua fungi utama, yaitu untuk mereduksi banjir area Kota Medan sebesar 289 meter kubik per detik serta penyediaan air baku sebesar 3.000 liter per detik.

Selain itu, juga memiliki fungsi tambahan untuk penyediaan energi listrik sebesar 1 MW serta sebagai destinasi pariwisata.

"Mudah-mudahan dengan keberadaan bendungan ini bisa mengurangi debit banjirnya hingga 30 persen. Selain itu, dapat menambah suplai air baku untuk 600 ribu jiwa di Medan dan Deli Serdang," katanya.

Adapun Kementerian PUPR memiliki program pembangunan 61 bendungan selama 2014-2024. Untuk saat ini, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan 42 bendungan, yang mana sudah diresmikan dan dioperasikan.

Saat ini, masih tersisa 19 bendungan lagi yang menjadi tanggung jawab dari kementerian tersebut. Salah satu yang ditargetkan bakal rampung pada Juli 2024 ini adalah Bendungan Lau Simeme.