Loker KAI Syaratkan IPK 3,5 hingga Skor Toefl 500, Joni Martinus Buka Suara
VP Public Relations KAI Joni Martinus. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) buka suara terkait persyaratan dalam lowongan kerja sebagai MT yang heboh di media sosial X.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, dalam perekrutan ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Dayalima Recruitment. terkait persyaratan tersebut, lanjut dia, sudah disesuaikan dengan beberapa pertimbangan yang ideal.

"Untuk persyaratan tinggi badan, KAI mengikuti batas tinggi badan sertifikasi Ditjenka Kemenhub untuk masinis. Artinya dipersiapkan jika ada kebutuhan rotasi formasi pekerjaan dari pekerja lain menjadi pekerja kru KA. Agar kesinambungan perusahaan tetap berlangsung," ujar Joi kepada media, Jumat 19 April.

Sementara untuk berat badan, Joni bilang pihaknya mengikuti aturan WHO untuk body mass index (BMI) ideal yang sehat dan minim risiko penyakit diabetes melitus atau jantung karena obesitas atau overweight.

Lalu untuk persyaratan kemampuan berbahasa Inggris, Joni menyebut pihaknya menginginkan agar para pegawai memiliki kapabilitas sebagai calon pemimpin KAI di masa depan dengan wawasan global.

Kemudian untuk akreditasi dan IPK yang ramai dibahas warganet, Joni menjelaskan akreditasi perguruan tinggi serta nilai IPK dapat menjadi indikator kualitas pendidikan dan kompetensi calon karyawan. Kemampuan bahasa Inggris yang baik juga menjadi penting dalam lingkungan bisnis global saat ini.

"Seperti yang kita tahu, KAI memiliki pelanggan dan mitra dari mancanegara. Kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dapat mempermudah kolaborasi dan memastikan bahwa informasi dapat dipahami dengan jelas oleh semua pihak terkait," beber Joni.

Selain itu, Joni menjelaskan, standar tinggi dalam rekrutmen ini mencerminkan komitmen KAI terhadap kualitas dan profesionalisme.

"Dengan menetapkan standar yang tinggi, KAI dapat membangun tim yang terdiri dari individu-individu yang memiliki kemampuan dan integritas tinggi. Hal ini dapat berkontribusi pada produktivitas, inovasi, dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang semakin kompleks," pungkas Joni.

Untuk infotmasi, periode pendaftaran lowongan kerja di PT KAI ini dibuka mulai 17 April hingga 22 April 2024 dengan latar belakang pendidikan yang dipersyaratkan yaitu S1 dengan jurusan yang telah ditentukan dan IPK minimal 3,5 (tiga koma lima) serta akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal "Unggul (A)" dari BAN-PT atau lembaga yang berwenang.

Joni merinci, pendidikan terakhir yang dibutuhkan yaitu S1 dengan jurusan Logistik, Statistik, Digital Bisnis, Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, Arsitektur, Manajemen Administrasi, Manajemen Bisnis, Matematika, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Hukum, Administrasi Pertanahan, Pertanahan, Manajemen Aset, Geodesi, Survei dan Pemetaan, Manajemen Informatika, Manajemen Pendidikan, Teknologi Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Supply Chain Management, Sipil Transportasi, Ilmu Komputer, Administrasi Bisnis, Akuntansi, dan Manajemen.

Pada kesempatan yang sama Joni juga mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai terhadap segala jenis bentuk yang terindikasi penipuan dengan mengatasnamakan rekrutmen KAI, serta mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.