Bagikan:

JAKARTA - Viral di media sosial, rombongan SMAN 3 Bandung study tour ke Denpasar, Bali dengan menyewa kereta api kelas eksekutif. Terkait hal tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI buka suara.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI memang menyediakan Kereta Api Luar Biasa (KLB) yang dapat disewa pelanggan dan dapat menentukan jenis kereta api, jadwal, serta stasiun keberangkatan dan kedatangan.

Kata Joni, rombongan SMAN 3 Bandung melakukan perjalanan dari Stasiun Bandung hari Jumat 12 Mei pukul 06.20 menuju Stasiun Surabaya Gubeng datang pada hari yang sama pukul 17.06.

“Dalam satu rangkaian KLB SMAN 3 Bandung tersebut menggunakan 7 gerbong kelas eksekutif dengan kapasitas 350 penumpang,” ujar Joni, kepada wartawan, Minggu, 14 Mei.

Cara Menyewa KLB

Joni mengatakan masyarakat yang ingin juga menyewa KLB seperti rombongan SMAN 3 Bandung dapat menghubungi KAI melalui Contact Center KAI di nomor telepon 121 atau melalui WhatsApp 08111-2111-121.

“Bisa juga melalui email [email protected], media sosial KAI121, atau customer service di stasiun,” tuturnya.

Selanjutnya, sambung Joni, calon pelanggan mengajukan surat permohonan angkutan rombongan yang berisi jumlah penumpang, relasi, dan jadwal perjalanan.

“Setelah itu, KAI akan mengecek ketersediaan rangkaian dan membuat penawaran tarif.  Jika telah terjadi kesepakatan, lalu dibuatkan berita acara kesepakatan,” jelasnya.

Pada berita acara kesepakatan ini, lata Joni, ada DP (uang muka) yang harus dibayar. Kalau DP sudah dibayarkan, KAI akan menyiapkan sarana kereta apinya.

Joni mengatakan calon pelanggan KLB diharapkan melakukan pendaftaran minimal H-7 sebelum keberangkatan. Sebab, KAI perlu menyiapkan segala aspek agar pelayanan KLB optimal.

“Diharapkan hadirnya layanan KLB ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati perjalanan kereta api yang lebih eksklusif dan tetap aman, nyaman, dan sehat, KAI berkomitmen utk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” tutup Joni.