Bagikan:

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mulai mengoperasikan Pelabuhan Ciwandan di Cilegon, Banten, hari ini.

Pelabuhan tersebut menjadi alternatif untuk menampung pemudik yang akan melakukan perjalanan ke Pulau Sumatera.

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ardhy Wahyu Basuk mengatakan Pelabuhan Ciwandan hanya melayani pemudik yang hendak menyeberang ke Sumatera menggunakan sepeda motor.

Selain itu, kata Ardhy, Pelindo juga melayani penyeberangan untuk truk yang dialihkan dari Pelabuhan Merak selama periode mudik Lebaran 2024.

“Pelabuhan Ciwandan kita siapkan untuk truk dan motor karena Merak sudah sangat crowded,” katanya dalam media briefing di Jakarta, Rabu, 3 April.

Ardhy bilang kapasitas area tunggu Pelabuhan Ciwandan untuk sepeda motor seluas 7.000 meter persegi. Kata dia, area tunggu itu bisa menampung 2.000 unit sepeda motor. Sementara kapasitas penampungan untuk truk ialah 200 unit truk.

“Buffer area parkir di Ciwandan untuk truk logistik kita siapkan 25 ribu meter persegi, itu kapasitas 200 unit truk,” kata Ardhy.

Seperti yang diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi operasional angkutan barang ke Pelabuhan Merak selama periode mudik Lebaran 2024.

Pembatasan dilakukan di ruas jalan tol dan ruas jalan non-tol menuju Pelabuhan Merak, mulai 5 April 2024 pukul 09.00 WIB, sampai dengan 16 April 2024 pukul 08.00 WIB.

Pembatasan operasional angkutan barang meliputi:

Mobil barang dengan tiga sumbu atau lebih, kereta tempelan, atau kereta gandengan. Mobil barang yang digunakan untuk pengangkutan hasil galian (tanah, pasir, batu) dan hasil tambang, serta bahan bangunan seperti besi, semen, dan kayu.

Adapun kendaraan barang yang dikecualikan yakni bahan pokok (beras, gula, jagung, kedelai, bawang, cabai, daging, telur, ayam, minyak goreng, dan seterusnya). Pupuk, hewan ternak, pakan ternak, dan keperluan penanganan bencana alam.

Kemudian, bahan bakar minyak (BBM) atau bahan bakar gas (BBG), logistik pemilu atau pemulihan, hantaran uang, dan sepeda motor mudik dan balik gratis.