Stafsus Menteri PUPR: Kepala Daerah Baru Terpilih Diharapkan Punya Visi Kuat Selesaikan Persoalan Air
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Staf Khusus Menteri PUPR Bidang Sumber Daya Air Firdaus Ali berharap, agar kepala daerah baru terpilih dalam Pilkada serentak pada November 2024 mendatang memiliki visi yang kuat untuk menyelesaikan persolan air di daerah masing-masing.

Sebab, persoalan air ini langsung menyentuh ke masyarakat dan yang paling utama bertanggung jawab adalah pemerintah daerah (pemda).

"Akan ada Pilkada serentak di November 2024 ini untuk memilih kepala daerah yang baru dan kami berharap kepala daerah yang akan terpilih punya visi yang strong untuk menyelesaikan persolan air di setiap daerah mereka," ujar Firdaus dalam Konferensi Pers Road to 10th World Water Forum: "Persiapan Apik Raih Sukses Penyelenggaraan" secara daring, Kamis, 28 Maret.

Firdaus khawatir apabila kepala daerah terpilih mendatang tidak bisa menjawab persoalan terkait air, ke depannya akan sulit masyarakat Indonesia untuk mencapai kesejahteraan.

"Tanpa komitmen yang kuat tersebut, saya yakin kami akan sulit untuk mencapai kesejahteraan. Sementara, kami dikepung oleh potensi bencana hidrometeorologi yang ada di sekitar mereka," katanya.

Oleh karena itu, Firdaus menyebut, pemerintah pusat akan mengundang seluruh pemda untuk hadir di World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada Mei mendatang.

Diharapkan, nantinya mereka bisa mengimplementasikan komitmen mereka untuk menyelesaikan persoalan air di daerah masing-masing apabila terpilih.

"Untuk pertama kali juga kami ingin membawa pemerintah daerah ke Bali untuk mereka juga belajar membangun komunikasi untuk bekerja sama dengan partner mereka di luar negeri ataupun sesama dalam negeri," tutur Firdaus.

"Sehingga, mereka tahu ini isu yang akan dibawa kembali ke daerah mereka untuk mereka implementasikan dan jadikan komitmen di kota/kabupaten/provinsi mereka sendiri," imbuhnya.