KAI Tambah 49 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh di Long Weekend Libur Wafat Yesus Kristus
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menambah 49 perjalanan kereta api (KA) jarak jauh untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di masa long weekend Libur Wafat Yesus Kristus. Total kereta yang akan dioperasikan yakni 924.

Adapun KAI menetapkan periode libur panjang atau long weekend mulai Kamis 28 Maret hingga Minggu, 31 Maret.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI akan mengoperasikan 924 KA jarak jauh, atau rata-rata 231 perjalanan kereta pada periode libur panjang tersebut.

“Terdapat penambahan 49 perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi dibanding dengan pekan sebelumnya yaitu Kamis 21 Maret sampai Minggu 24 Maret sebanyak 875 KA Jarak Jauh,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu, 27 Maret.

Joni menjelaskan penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir Maret 2024. Periode tersebut juga berpotensi dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya jauh-jauh hari sebelum Lebaran.

“Penambahan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” ujar Joni.

Berdasarkan pantauan pada Rabu 27 Maret siang, total tiket KA yang terjual pada Kamis 28 Maret yaitu sebanyak 76.281 tiket. Jumlah tiket yang terjual tersebut meningkat 14 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya, dimana pada Kamis 21 Maret jumlah tiket yang terjual sebanyak 67.039 tiket.

“Jumlah tiket yang terjual untuk keberangkatan Kamis 28 Maret ini masih akan bertambah karena penjualan masih berlangsung,” katanya.

Adapun update jumlah tiket yang terjual untuk periode Kamis 28 Maret sampai Minggu 31 Maret adalah sebanyak 274.769 tiket atau 45 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 606.432 tiket.

“Calon pelanggan yang ingin menggunakan kereta api pada long weekend ini namun belum memiliki tiket, dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI,” tuturnya

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, sambung Joni, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Joni menambahkan, sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Solo pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, Bandung-Blitar pp, Surabaya-Banyuwangi pp, dan relasi lainnya.

Berikut 49 perjalanan KA Jarak Jauh yang ditambah:

- 6 perjalanan KA Sembrani Tambahan relasi Gambir-Surabaya Pasarturi pp

- 5 perjalanan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir-Yogyakarta pp

- 5 perjalanan KA Lodaya Tambahan relasi Bandung-Solo Balapan pp

- 4 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Gambir-Cirebon pp

- 4 perjalanan KA Manahan/Manahan Tambahan relasi Gambir/Solo Balapan pp

- 3 perjalanan KA Gajayana Tambahan relasi Gambir-Malang pp

- 3 perjalanan KA Ciremai relasi Bandung-Semarang Tawang Bank Jateng pp

- 3 perjalanan KA Brantas Tambahan relasi Pasarsenen-Blitar pp

- 3 perjalanan KA Kertajaya Tambahan relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi pp

- 3 perjalanan KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Pasarsenen-Kutoarjo pp

- 2 perjalanan KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasarturi-Ketapang pp

- 2 perjalanan KA Argo Merbabu Tambahan relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng pp

- 2 perjalanan KA Purwojaya Tambahan relasi Gambir-Cilacap pp

- 2 perjalanan KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto-Malang pp

- 2 perjalanan KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pp