JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani 469.491 pelanggan kereta api selama periode long weekend Isra Mikraj, dengan rata-rata 117.373 pelanggan per hari. Puncak volume pelanggan pada periode long weekend Isra Mikraj terjadi pada Senin 28 Februari, dengan catatan 134.121 pelanggan.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa jumlah pelanggan yang dilayani meningkat 36 persen, jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang hanya 345.367 pelanggan.
"Periode 25 sampai 28 Februari 2022, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani 469.491 pelanggan kereta api atau rata-rata 117.373 pelanggan per hari. Rinciannya, 220.093 KA jarak jauh dan 249.398 KA lokal," tuturnya, dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Selasa, 1 Maret.
Joni mengatakan untuk mengakomodasi meningkatnya volume pelanggan tersebut, total perjalanan KA jarak jauh dan lokal yang dioperasikan adalah sebanyak 1.627 perjalanan KA atau rata-rata 382 perjalanan KA per hari. Jumlah tersebut naik 1 persen dibanding pekan sebelumnya yaitu sebanyak 1.514 perjalanan KA atau rata-rata 379 perjalanan KA per hari.
"Kenaikan jumlah pelanggan pada libur long weekend Isra Mikraj ini kami sertai dengan pelayanan yang berjalan dengan baik. Kami juga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," katanya.
KAI, lanjut Joni, konsisten menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 melalui transportasi kereta api.
"KAI memastikan hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada libur long weekend Isra Mikraj sesuai dengan regulasi pemerintah," ucapnya.
BACA JUGA:
Joni menjelaskan kereta api yang menjadi favorit masyarakat pada periode long weekend Isra Mikraj yaitu KA Airlangga (Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp), dan KA Wijayakusuma (Cilacap - Ketapang pp), dan lainnya.
Total pelanggan yang ditolak berangkat pada periode 25 sampai dengan 28 Februari 2022 ada sebanyak 1.411 pelanggan. Rinciannya yaitu belum vaksin 45 pelanggan, sakit 3 pelanggan, dan reaktif/positif sebanyak 1.363 pelanggan.
"Terima kasih kami sampaikan kepada para pelanggan KAI atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama libur long weekend Isra Mikraj dan telah mematuhi protokol kesehatan," tutup Joni.