Ini Langkah Antisipasi Telkom Hadapi Lonjakan Trafik saat Lebaran 2024
Foto: Didi Kurniawan/VOI

Bagikan:

JAKARTA - PT Telekomununikasi Indonesia Tbk (Telkom) memprediksi ada kenaikan trafik sekitar 10 persen pada momen Lebaran 2024. VP Corporate Communication Telkom (TLKM) Andri Herawan Sasoko mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi menghadapi kenaikan trafik tersebut.

"Kalau trafik memang tiap Idulfitri itu kita pasti mengalami lonjakan trafik, rata-rata 6-10 persen lonjakan. Adapun langkah antisipasi yang disiapkan dengan meningkatkan kapasitas," ungkap Andri dalam paparan kepada awak media di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 25 Maret.

Andri menyebut lonjakan trafik diproyeksikan mengalami kenaikan 5,15 persen jika dibandingkan dengan Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2023. Dengan demikian, kapasitas yang ditingkatkan menjadi 28 Tbps.

"Telkom sudah mengantisipasi itu, karena meningkat 5,15% dibanding RAFI tahun-tahun sebelumnya, jadi kita selalu mengantisipasi lonjakan trafik," kata Andri.

Apalagi, lanjut dia, libur Lebaran kali ini lebih panjang, sehingga lonjakan trafik diperkirakan jauh lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai informasi, libur Lebaran 2024 akan terjadi pada 6 - 15 April 2024.

"Jadi secara kapasitas kita sudah akan tingkatkan. Kemudian secara layanan itu juga kita akan menyediakan layar-layaran yang menghadirkan berbagai program loyalitas, serta promo," terang Andri.