Kepala Otorita: Ada 6.800 Undangan HUT Ke-79 RI di IKN
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, pemerintah bakal menyebar 6.800 undangan untuk menghadiri HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Agustus 2024.

Bambang menyebut, pihaknya diminta untuk mempersiapkan, tetapi panitia HUT RI sendiri merupakan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Insyaallah jumlahnya 6.800-an undangan. Apakah siap? kami tentu harus berada pada sisi yang dilihat dari progres yang ada. Insyaallah, kami akan bisa melakukan satu upacara di lapangan upacaranya," ujar Bambang di Gedung DPR RI, Jakarta, dikutip Selasa, 19 Maret.

Dia menambahkan, saat ini lapangan upacara di depan Istana Presiden IKN sudah terbilang siap.

Bambang menyebut, rumputnya sudah hijau dan sekelilingnya telah ditumbuhi pepohonan.

"Harapan kami nanti pada 17 Agustus mereka (pepohonan) sudah berada pada posisi enak dipandang," kata dia.

Di samping itu, Bambang mengatakan, akan ada dua hotel yang bakal rampung pada Agustus mendatang, yakni Hotel Nusantara dan Qubika. Dia menuturkan, kedua hotel itu masing-masing berkapasitas 200 kamar.

"(Hotel) itu nanti sudah mulai beroperasi, juga ada beberapa fasilitas kesehatan dan pendidikan. Mudah-mudahan kami bisa melihat juga di lapangan," ucap dia.

Lebih lanjut, kata Bambang, pihaknya menargetkan pembangunan infrastruktur IKN Tahap 1 seluruhnya bisa terbangun di tahun ini.

"Nafasnya harus panjang sampai 2045 dan kami harus secara konsisten melakukan pembangunan sesuai rencana. Kalau kami dari awal tidak mengikuti tata ruang dan sebagainya, tentu kami akan kesulitan sendiri," ungkapnya.