Tol Japek II Selatan Paket 3 Bakal Dibuka Gratis saat Mudik Lebaran 2024
Ilustrasi (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan sepanjang hampir 62 kilometer (km) terus dikebut penyelesaiannya.

Untuk konstruksi pekerjaan paket 3 ruas Sukabungah-Sadang sepanjang 31,25 km ditargetkan bakal rampung dan siap beroperasi fungsional alias gratis saat libur Lebaran 2024.

Dalam paparannya saat mendampingi Komisi V DPR RI ke lokasi konstruksi, Jumat, 15 Maret, Direktur Jalan Bebas Hambatan Bina Marga Triono Junoasmono mengatakan, saat ini tengah dilakukan penyelesaian konstruksi Paket 3 yang menghubungkan Sukabungah-Sadang dengan progresnya telah mencapai 86,08 persen Ruas ini ditargetkan selesai di kuartal III 2024 mendatang.

Triono mengatakan, untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 akan dilakukan uji coba fungsional beberapa kilometer (km)) saat mudik lebaran sesuai diskresi kepolisian sepanjang 8,5 km, yakni dari Sadang menuju Kutanegara.

"Fungsional (direncanakan hanya) satu arah dari arah Bandung, Purwakarta, Sadang dan keluar ke Kutanegara. Lalu, dari Kutanegara menggunakan jalan provinsi, sehingga bisa keluar ke Karawang Timur bahkan Karawang Barat," ujar Triono dalam keterangan pada laman resmi BPJT Kementerian PUPR, dikutip Senin, 18 Maret.

Sementara itu, kata Triono, untuk Paket yang menghubungkan Setu-Sukaragam-Sukabungah saat ini sudah mulai dalam tahap konstruksi dan pembebasan lahan. Ruas ini ditargetkan selesai pada Kuartal I 2025 mendatang.

Adapun pengerjaan paket 2 terbagi menjadi dua, meliputi Paket 2A Setu-Sukaragam sepanjang 10,50 km dengan progres konstruksi mencapai 10,36 persen. Kemudian, Paket 2B Sukaragam-Sukabungah sepanjang 13 km dengan progres konstruksi mencapai 17,06 persen.

"Kemudian, yang terakhir pada Paket 1 yang menghubungkan Jatiasih-Setu sepanjang (7,25 km) ditargetkan selesai konstruksinya setelah 2024, yakni kuartal III tahun 2028," kata dia.

Adapun Tol Japek II Selatan ini terbagi ke dalam 3 seksi, antara lain Seksi 1 Jatiasih-Setu, Seksi 2 Setu-Tamanmekar dan Seksi 3 Tamanmekar-Sadang.

Pembangunan tol ini pun menelan biaya investasi hingga Rp14,69 triliun. Adapun Seksi 3 dari tol ini sempat dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran April 2023.

Kehadiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang melintasi kota Bekasi, Karawang dan kabupaten Purwakarta ini diharapkan dapat menjadi alternatif pengguna jalan dari arah Jakarta, seperti dari Jatiasih langsung ke Purwakarta serta akan tersambung ke akses Pelabuhan Patimban.