Ruas Tol Japek II Selatan Ini Siap Difungsikan Gratis saat Libur Lebaran
Jalan Tol (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap membuka jalur Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara-Taman Mekar sepanjang 28,5 kilometer (km) saat libur Lebaran 2024. Selama periode tersebut, jalur itu akan dibuka secara fungsional alias gratis.

Dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, @pupr_binamarga, Selasa, 5 Maret, fungsionalisasi jalan ini akan dikhususkan pada kendaraan kecil atau Golongan I Non Bus.

"Dengan kata lain, segmen tol ini akan #MemudahkanJalanmu, para pengguna jalan yang menggunakan mobil pribadi atau minibus di mudik Lebaran nanti!," demikian bunyi keterangan dalam unggahan tersebut.

Saat ini, tengah disiapkan fungsionalisasi Jalan Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km. Hal ini demi menyiapkan fungsionalisasi arus balik Lebaran 2024 dari arah Bandung menuju Jakarta.

Adapun fungsionaliasi dari Japek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sendiri sudah dilakukan sejak arus mudik Lebaran dan Natal Tahun Baru 2023. Harapannya, dibukanya akses jalur ini dapat membantu mengurai arus kemacetan selama libur Lebaran 2024.

Sementara itu, untuk mengakses segmen Sadang-Kutanegara, pengguna jalan bisa masuk melalui Simpang Susun (SS) Sadang di titik KM 77 Jalan Tol Cipularang.

Setelah melewati jalur fungsional sepanjang 8,5 km, pengguna jalan melewati jalan-jalan industri sepanjang 15 km untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui Gerbang Tol Karawang Timur.

Fungsionalisasi Sadang-Kutanegara sendiri akan mengikuti diskresi pihak kepolisian. Dalam hal ini, jika terjadi antrean kendaraan di Simpang Susun (SS) Dawuan kilometer 67 Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), berdasarkan instruksi kepolisian, segmen Sadang-Kutanegara bakal dibuka.

Sekadar informasi, Jalan Tol Japek II Selatan memiliki total panjang 64,05 km yang mana berperan penting dalam menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat.

Nantinya, tol ini bakal menghubungkan Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta. Nilai investasi dari proyek ini mencapai sekitar Rp14,691 triliun dan dibagi menjadi tiga paket pekerjaan.

Paket I Jatiasih-Setu sepanjang 7,25 km terdiri dari Seksi Jatiasih-Bantargebang dan Seksi Bantargebang-Setu. Paket IIA Seksi Setu-Sukaragam sepanjang 10,5 km.

Kemudian, Paket IIB Seksi Sukaragam-Sukabungah sepanjang 13 km. Paket III Sukabungah-Sadang sepanjang 31,25 km yang terdiri dari Seksi Sukabungah-Kutanegara dan Seksi Kutanegara-Sadang.