Tanggap Darurat, Kementerian PUPR Sediakan Air Bersih untuk Korban Banjir Sumbar
Foto: Dok. Kementerian PUPR

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengirimkan prasarana dan sarana air bersih yang dibutuhkan bagi korban bencana banjir di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam masa tanggap darurat yang paling penting adalah ketersediaan sarana dan prasarana air bersih serta sanitasi untuk keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi.

"Kementerian PUPR berupaya mendistribusikan air bersih terutama di tempat-tempat umum. Kami juga manfaatkan instalasi pengolahan air minum (IPA) terdekat maupun IPA mobile untuk mensuplai air bersih ke berbagai titik," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu, 13 Maret.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumbar Maria Duni Isa menyebut, sarana dan tanggap darurat yang telah didistribusikan, yakni berupa hidran umum sebanyak 11 unit yang sudah terpasang seluruhnya.

"Sedangkan, untuk sarana mobil tangki air saat ini total sudah 2 unit beroperasi dengan rincian 1 unit melayani di sekitar Painan dan 1 unit melayani sekitaran Barung Balantai serta tambahan 1 unit dalam perjalanan menuju Pesisir Selatan," ujarnya.

Untuk sebaran hidran umum, Duni mengatakan sebanyak 6 unit HU dari BPPW Sumbar disebar ke beberapa titik lokasi, yakni 2 unit di Masjid Ikhlasul Munawwarah Anakan Batang Kapas, 2 unit untuk SMAN 1 Batang Kapas dan 2 unit di Mesjid Aqsha, Bungo Pasang.

"(Sebanyak) 10 Unit HU dari Pusat Depo Padang disebar ke beberapa titik, yakni 1 unit di depan Pasar Barung Balantai, 2 unit di Nagari Barung Balantai Selatan dan 2 unit di Musala Multazam Barung Balantai Selatan dan 5 unit sedang dalam tahap pemasangan," tuturnya.

Adapun sejak 8 Maret 2024 sebanyak 3 unit hidran umum (HU) dengan kapasitas 1.500 liter telah disiapkan untuk 3 titik lokasi ke Dusun Salido. Selain itu, juga telah terpasang 5 hidran umum berkapasitas 25.000 liter untuk 5 titik di Dusun Bungo serta di Dusun Sago sebanyak 3 titik dengan total kapasitas HU 1.500 liter.

Sementara untuk di Kampung Batang Kapas, Kecamatan Batang Kapas juga sudah terdapat total 4 titik pemasangan 2 unit hidran umum berkapasitas 1.000 liter dengan lokasi penempatan HU di mesjid munawarah dan 2 hidran umum (1.000 liter) di SMA 1 Batang Kapeh.

Selanjutnya, pada 11 Maret 2024 telah dikirimkan bantuan air bersih di lokasi Barung-Barung Balantai kota XI Kecamatan Tarusan untuk 6 HU. Diketahui, total kapasitasnya mencapai 12.000 liter.