Basuki Bocorkan Ada Menteri Lain Pindah ke IKN Juli 2024, Siapa?
Menteri PUPR (Foto: dok. KPUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada menteri lainnya yang bakal ikut pindah bersama dia ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024 mendatang.

Basuki menyebut, pejabat yang dimaksud ialah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Ini bocorannya, Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) karena beliau juga harus monitor (pembangunan) bandaranya yang harus selesai," ujar Basuki di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu, 9 Maret.

Dia mengaku, bahwa Menhub Budi sudah menghubungi dirinya terkait rencana pindah ke IKN. Sebab, Budi meminta rumah untuk dirinya di IKN segera diselesaikan.

"Jadi, beliau sudah telepon saya untuk minta disiapkan rumahnya supaya jadi," katanya.

Saat ditanyai lebih lanjut terkait pejabat di kementerian mana lagi yang akan ikut pindah bersama dirinya, Basuki belum tahu. "Belum tahu. Tapi, yang sudah nelpon saya Pak Menhub. Insyaallah (tetanggaan)," ungkapnya.

Adapun Kementerian PUPR melalui Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) menyebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bakal menjadi menteri pertama yang pindah ke IKN tahun ini.

"Iya, dong. Kan, pak menterinya bilang saya pertama," ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat, 2 Februari.

Diketahui, per 25 Januari 2024, progres pembangunan 36 unit rumah jabatan menteri sudah mencapai sekitar 72 persen.

"Saat ini, 34 unit rumah sedang proses pekerjaan struktur paralel dengan pekerjaan MEP dan beberapa sudah masuk pekerjaan arsitektural. Ada dua unit rumah sudah memasuki tahap pekerjaan interior dan lansekap," imbuhnya.