Bisa Kerek Harga, Mendagri Tito Minta Pengusaha Tak Tahan Barang Jelang Puasa
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta para pengusaha di sektor pangan untuk tidak menahan barang jelang memasuki bulan puasa. Sebab, hal tersebut bisa berdampak pada kenaikan harga pangan di pasar.

“Kalau ada barang yang ditahan akan mengakibatkan distribusi enggak jalan, harga naik, masyarakat yang kasihan,” tuturnya dalam Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idulfitri, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Senin, 4 Maret.

Tiko bilang pengusaha masih bisa untung tanpa memberatkan masyarakat. Karena itu, Tiko meminta agar tidak ada penimbunan barang agar tidak memberatkan.

“Mohon maaf dengan segala hormat rekan-rekan pengusaha, kita mohon dalam situasi seperti ini, kita tentu berharap rekan rekan pengusaha untung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Tiko menekankan, jika nantinya ada pengusaha nakal yang tetap menahan barang maka satuan tugas (satgas) pangan akan turun untuk menindak.

“Kalau sampai ada yang menahan barang, mau enggak mau temen-temen dari penegak hukum akan turun, di situ Pak Kabareskrim akan menugaskan jajaran Satgas Pangan Polri bergerak,” katanya.