Kemenperin Jamin Pasokan Enam Komoditas Ini Aman Saat Ramadan 2024
Ilustrasi (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan kesiapan industri agro untuk memasok kebutuhan pangan menjelang momentum Ramadan 2024.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Agro Kemenperin Yulia Astuti dalam rilis IKI Februari 2024 di kantor Kemenperin, Jakarta, Kamis, 29 Februari.

"Ada enam komoditas, yaitu gula, minyak goreng, jagung, tepung terigu, beras pecah dan daging. Secara garis besar, kondisi untuk kesiapan enam komoditas tersebut di bulan Ramadan dan Idulfitri aman," ujarnya.

Khusus untuk gula, Yulia memastikan, komoditas tersebut memiliki stok yang aman hingga tiga sampai empat bulan ke depan.

"Di dalam catatan kami, untuk stok Ramadan dan Idulfitri ini stok gula mencukupi sampai sekitar 4 bulan, baik itu untuk konsumsi, gula kristal putih maupun gula kristal rafinasi," ucapnya

Di samping itu, Kemenperin juga menjamin pasokan minyak goreng aman untuk menyuplai kebutuhan Ramadan dan Idulfitri.

"Dari produksi 20,6 juta ton ini, dalam catatan kami itu sudah mencukupi untuk 1-1,5 bulan ke depan. Jadi, istilahnya untuk bulan Ramadan dan Idulfitri ini stok untuk migor juga aman," imbuhnya.