Punya Potensi Cadangan 45 MWE, KESDM Lelang WK Panas Bumi Cisolok Sukabumi
Ilustrasi panas bumi (foto: dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) mengumumkan lelang Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Cisolok Cisukarame yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam pengumuman tersebut, Ditjen EBTKE mencantumkan WKP Cisolok Cisukarame memiliki luas wilayah 15.580 Ha dengan pembaguan wilayah yang masuk dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak seluas 4.266 Ha, Hutan Poduksi 23 Ha, Hutan Produksi Terbatas 30 Ha dan 11.261 Ha masuk penggunaan lainnya.

"Panitia Pelelangan WKP di daerah Cisolok Cisukarame pada Kementerian ESDM akan melaksanakan Pelelangan WKP dengan prakualifikasi," tulis Ditjen EBTKE dalam pengumumannya yang dikutip Kamis, 29 Februari.

WKP Cisolok-Cisukarame memiliki potensi sumber daya panas bumi sebesar 45 Megawatt elektrik (Mwe) dengan perkiraan temperatur reservoir 170 sampai 235 Celcius dengan rencana kapasitas pengembangan sebesar 40 Mwe.

Ditjen EBTKE juga mencantumkan nilai yang ditetapkan untuk jaminan lelang pada pelaksanaan pelelangan WKP di Daerah Cisolok Cisukarame adalah sebesar Rp1 miliar.

Adapun rencana pengembangan panas bumi Cisolok-Cisukarame telah tercakup dalam rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sukabumi sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 22 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sukabumi Tahun 2012-2032.