Hadi Tjahjanto Ditemani Sang Istri saat Menyerahkan Jabatan Menteri ATR/BPN kepada AHY
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto. (Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) pada hari ini. Hadi Tjahjanto diketahui menggantikan posisi Mahfud MD.

Berdasarkan pantauan VOI di lapangan, Hadi Tjahjanto tampak hadir di kantor Kementerian ATR/BPN sekitar pukul 12.34 WIB usai dilantik di Istana Presiden, Jakarta.

Kedatangannya ini untuk melaksanakan prosesi serah terima jabatan kepada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menko Polhukam. Kemudian, Jokowi juga mengambil sumpah jabatan AHY untuk menjadi Menteri ATR/BPN.

Saat tiba di kantor Kementerian ATR/BPN, Hadi ditemani oleh sang istri, Nanny Hadi Tjahjanto.

Keduanya nampak serasi. Hadi mengenakan jas hitam dan kemeja putih rapi. Sementara, Nanny terlihat mengenakan kebaya dengan paduan warna biru dan putih.

Selain itu, kedatangan mereka pun turut disambut oleh seluruh rekan kerja di kementerian. Banyak dari mereka yang mulai mengucapkan selamat menjabat posisi yang baru.

Adapun serah terima jabatan dari Hadi Tjahjanto ke AHY dilakukan pada siang ini di Kantor Kementerian ATR/BPN.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik eks Panglima TNI Marsekal (Purn.) Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai menteri. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta.

Melansir YouTube Sekretariat Presiden, Hadi dilantik sebagai Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), sedangkan AHY menjadi Menteri ATR/BPN.

Surat Keputusan Presiden Nomor 34 P/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 dibacakan lebih dulu oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti sebelum pengambilan sumpah jabatan dilakukan.

"Mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Masing-masing, saudara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan," demikian surat keputusan itu dibacakan, Rabu, 21 Februari.

"Kedua, saudara Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional,".

Selanjutnya, Presiden Jokowi memimpin proses sumpah jabatan. Hadi bersama AHY mengikuti kata yang diucapkan didampingi rohaniwan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian sumpah jabatan tersebut.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjut mereka.

Adapun hingga saat ini, prosesi serah terima jabatan dari Hadi Tjahjanto kepada Menteri ATR/BPN baru AHY masih berlangsung.