Kala Hadi Tjahjanto Beri Pesan ke AHY: Enggak Usah Takut Sama Mafia Tanah
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (ketiga dari kanan). (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi menjabat sebagai Menteri ATR/BPN yang baru mulai hari ini.

Dia diketahui menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Dalam prosesi serah terima jabatan yang dilakukan di kantor Kementerian ATR/BPN, Hadi Tjahjanto mengaku telah memberikan pesan kepada AHY.

"Saya sampaikan fokus utama adalah tetap gebuk mafia tanah, enggak usah takut sama mafia tanah," ujar Hadi di kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Rabu, 21 Februari.

Selain itu, Hadi juga meminta AHY untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan rumah (PR) di Kementerian ATR/BPN.

Salah satunya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Paling enggak di 2024 ini, 120 juta bidang sudah selesai," katanya.

Hadi juga meminta AHY untuk melanjutkan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2021.

"Terkait dengan memberikan hak kepada pengusaha untuk carbon trading," ucapnya.

Terakhir, Hadi mengaku telah menitipkan program pengadaan bank tanah pada AHY. Menurut Hadi, program itu penting untuk membantu meningkatkan investasi di Indonesia.

"(Bank tanah) juga untuk kepentingan masyarakat. Itu yang saya sampaikan ke Pak AHY," pungkasnya.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik eks Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebagai menteri. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta.

Melansir YouTube Sekretariat Presiden, Hadi dilantik sebagai Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), sedangkan AHY menjadi Menteri ATR/BPN.

Surat Keputusan Presiden Nomor 34 P/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 dibacakan lebih dulu oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti sebelum pengambilan sumpah jabatan dilakukan.

"Mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Masing-masing, saudara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan," demikian surat keputusan itu dibacakan, Rabu, 21 Februari.

"Kedua, saudara Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional,".