Penuhi Kebutuhan Air Berkualitas di Kota Bogor, Pembangunan IPA Cipinang Gading Telah Selesai
IPA Cipinang (Foto: dok. KPUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya memenuhi kebutuhan air minum yang berkualitas.

Oleh karena itu, Kementerian PUPR terus membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) di berbagai daerah Indonesia, tak terkecuali di Kota Bogor, Jawa Barat.

Untuk memenuhi kebutuhan air minum yang berkualitas di kota tersebut, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan IPA Cipinang Gading di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Desember 2023.

"IPA yang berkapasitas 50 liter/detik ini akan menambah cakupan layanan air minum di enam (6) kelurahan, yakni di Cikaret, Gunung Batu, Loji, Mulyaharja, Pasir Jaya dan Pasir Mulya dengan total layanan 5.000 sambungan rumah (SR)," ujar PUPR dikutip dari akun Instagram resmi @kemenpupr, Senin, 12 Februari.

Kementerian PUPR menilai, pembangunan IPA merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan air minum yang menjadi salah satu program prioritas pemerintah.

"Ketersediaan air bersih dan sanitasi yang baik diyakini mampu meningkatkan kesehatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Adapun tujuan dari pembangunan IPA Cipinang Gading berkapasitas 50 liter/detik ini agar masyarakat di Kota Bogor, khususnya di Kelurahan Mulyaharja dan Cikaret dapat terlayani air minum serta target akses aman air minum pada 2030 mendatang dapat tercapai.