Soal Pengganti Ahok sebagai Komut Pertamina, Wamen BUMN: Lagi Dipikirin
Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo buka suara mengenai siapa sosok pengganti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

“Belum (ada), belum, lagi dipikirin (siapa sosok penggantinya),” ujarnya ditemui di Kantor Kemenko Marves, Jakarta, Rabu, 7 Februari.

Seperti diketahui, Basuki Tjahaja Purnama alis Ahok memutuskan mundur dari jabatan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Ahok memilih meninggalkan jabatan tersebut demi fokus memenangkan pasangan calon (paslon) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, di Pilpres 2024.

Ahok mengaku telah mengirimkan surat pengunduran dirinya kepada Kementerian BUMN. Adapun surat ini ditandatangani Ahok pada Jumat, 2 Februari 2024.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, buka suara terkait mundurnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari posisi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Erick bilang bahwa itu adalah pilihan Ahok.

Erick juga mengatakan bahwa sudah dihubungi Ahok terkait dengan keputusannya untuk mundur dari posisinya di Pertamina.

“Ya, Pak Ahok kontak saya bahwa beliau ingin bergabung ke tentu Ganjar-Mahfud, itu pilihan. Kita negara demokrasi,” ujarnya kepada wartawan pada Sabtu, 3 Februari 2024.

Terkait dengan pengganti Ahok, Erick bilang bahwa pihaknya akan mencari sosok yang baik untuk dipercaya menempati posisi yang ditinggalkan Ahok.

“Penggantinya Pak Ahok belum (ada), 'kan baru kemarin. Ya, nanti kita cari yang baik,” katanya.