Bagikan:

YOGYAKARTA – Ancaman di bidang ekonomi perlu segera ditangani oleh pemerintah karena dapat menurunkan daya beli masyarakat dan mengganggu iklim bisnis, baik skala makro maupun mikro.

Ancaman di bidang ekonomi dapat muncul dari dalam maupun luar negeri. Bentuk ancamannya sangat beragam, bisa berupa tindakan fisik dan nonfisik, secara terang-terangan atau tertutup.

Lantas, apa saja ancaman nyata ekonomi yang bisa menghantui negara? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Ancaman di Bidang Ekonomi

Dalam buku bertajuk Explore Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 2 karya Tijian dan F.A Sugimin, setidaknya ada enam ancaman di bidang ekonomi yang berpotensi muncul di sebuah negara, di antaranya:

  • Angka Pengangguran Tinggi: Angka pengangguran yang tinggi dapat menjadi ancaman ekonomi bagi sebuah negara. Bagaimana tidak, tingginya angka pengangguran dapat berdampak pada meningkatnya kriminalitas, menurunkan daya beli masyarakat hingga bertambahnya angka kemiskinan.
  • Inflasi: Inflasi merupakan ancaman di bidang ekonomi bagi seluruh negara, termasuk negara. Saat harga barang dan jasa secara umum naik terus menurus dalam jangka waktu tertentu maka akan menyebabkan inflasi yang tinggi. Inflasi bisa menyebabkan pendapatan riil turun dan akhirnya akan membuat masyarakat menjadi semakin miskin. Tak hanya itu, inflasi juga bisa menurunkan nilai mata uang sebuah negara dan menurunkan stabilitas sistem keuangan suatu negara secara keseluruhan.
  • Krisis utang: Mayoritas negara memiliki utang ke negara lain atau ke Bank Dunia. Utang tersebut digunakan untuk membangun dan memenuhi kebutuhan sebuah negara. Namun, utang yang membengkak bisa menjadi ancaman nyata terhadap perekonomian sebuah negara, terlebih bila terjadi gagal bayar. Krisis utang bisa memberikan dampak pada sejumlah aspek ekonomi, mulai dari pengangguran, cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi lebih mahal, hingga meningkatnya angka kemiskinan.
  • Infrastruktur perekonomian yang tidak memadai: infrastruktur yang tidak memadai bisa menjadi ancaman di bidang ekonomi. Pembangunan infrastruktur yang tidak merata bisa membuat perekonomian menjadi tidak stabil. Oleh sebab itu, pembangunan infrastruktur harus merata di setiap wilayah supaya bisa mengerek perekonomian nasional secara menyeluruh.
  • Sistem ekonomi yang tidak jelas: Ketidakjelasan sistem perekonomian sebuah negara bisa jadi ancaman bagi integrasi nasional. Pasalnya, sistem ini mencakup cara yang diambil untuk mengatur seluruh kegiatan ekonomi negara sekalus mengatasi masalah ekonomi yang mungkin muncul. Sistem ekonomi sebuah negara yang tidak jelas akan memberikan dampak yang cukup serius terhadap perekonomian negara tersebut.
  • Terlalu bergantung pada pihak asing: Ketergantungan pada pihak asing bisa memunculkan ancaman bagi kedaulatan dan ekonomi sebuah negara. Sebab hal ini mampu membuka peluang masuknya produk luar negeri ke dalam pasar domestik. Bila hal ini terjadi, produk dalam negeri akan tergeser, khususnya barang tradisional atau produk yang dihasilkan oleh produsen skala kecil.

Strategi Menghadapi Ancaman di Bidang Ekonomi

Sebelumnya telah disinggung bahwa ancaman di bidang ekonomi perlu segara diatasi agar tidak menimbulkan dampak yang serius terhadap perekonomian sebuah negara.

Berikut berbagai macam strategi untuk mengatasi ancaman di bidang ekonomi:

  • Membuka lapangan pekerjaan: untuk menekan angka pengangguran dan mengentaskan kemiskinan, negara perlu membuka banyak lapangan kerja. Hal ini bisa dilakukan dengan menata iklim usaha dan bisnis yang kondusif.
  • Membangun ketahanan dalam bidang ekonomi: strategi mengatasi ancaman di bidang ekonomi yang berikutnya adalah membangun ketahanan di bidang ekonomi. Ini bisa dilakukan dengan menata sistem ekonomi yang sehat dan memiliki daya saing baik.
  • Menjaga hubungan baik dengan negara lain: ekonomi suatu negara tidak bisa dipisahkan dari pengaruh negara lain. Oleh sebab itu, hubungan antarnegara harus terjalin dengan baik. Khususnya hubungan dengan sejumlah negara utama dalam tatanan ekonom-politik dunia.
  • Menekan utang luar negeri: utang negara yang membengkak bisa menggoyang kestabilan ekonomi sebuah negara, bahkan bisa mengakibatkan krisis ekonomi. Oleh sebab itu, penting untuk menekan jumlah utang luar negeri agar pembangunan bisa berjalan dengan lancar.

Demikian informasi tentang ancaman di bidang ekonomi. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.