Bagikan:

JAKARTA - Sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 15/KPTS/M/2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) telah mengoperasikan tanpa tarif Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai mulai 29 Januari 2024, pukul 07.00 WIB.

Sejak 29 Januari 2024 sampai dengan saat ini, Hutama Karya mencatat sebanyak 8.000 kendaraan yang melintasi tol tersebut.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, pelaksanaan pengoperasian jalan tol berjalan lancar dengan antusiasme tinggi dari pengguna jalan tol yang ingin melintas.

"Selama tiga hari dioperasikan, tercatat sebanyak 8.000 kendaraan melintas yang didominasi oleh kendaraan pribadi atau Golongan I," ujar Tjahjo dikutip dari laman resmi Hutama Karya, Kamis, 1 Februari.

Tjahjo menyebut, Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai juga telah dioperasikan secara fungsional pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan total 100.000 kendaraan yang melintas.

"Ruas tol ini merupakan salah satu yang dinanti oleh pengguna jalan tol dikarenakan jika sudah terhubung secara penuh, jalan tol ini dapat menghubungkan dua provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Aceh maupun sebaliknya," katanya.

Dia mengimbau, agar pengguna jalan tetap menyiapkan kartu uang elektronik untuk tapping kartu dan menggunakan satu kartu untuk satu kendaraan saat memasuki gerbang tol meskipun belum bertarif selama masa sosialisasi.

"Kami sampaikan bahwa bagian dari Tol Binjai-Langsa yang masih belum dikenakan tarif hanya dari Stabat hingga Tanjung Pura atau sebaliknya. Oleh karena itu, pengguna jalan tol yang melintas dari arah Binjai menuju Stabat atau sebaliknya akan tetap dikenakan tarif normal," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) atau HK akan mulai mengoperasikan Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura tanpa tarif pada hari ini, Senin, 29 Januari.

Mengutip informasi yang dibagikan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di laman resminya, ruas tol Kuala Bingai- Tanjung Pura memiliki total panjang 19 kilometer (km).

"PT Hutama Karya akan mengoperasikan tanpa tarif Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 19 km mulai 29 Januari 2024, pukul 07.00 WIB," tulis manajemen BPJT.

Pengoperasian ini menyambung seksi Binjai-Stabat sepanjang 12,3 kilometer (km) yang telah terlebih dahulu dioperasikan sejak Februari 2022 dan seksi Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 km sejak September 2023.