Resmikan Rusun Asrama Poltekkes Yogyakarta, Basuki Berharap Kebutuhan Nakes Meningkat
Rumah Susun Asrama Mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes di Sleman (foto: KPUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meresmikan Rumah Susun Asrama Mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang berada di Sleman, Yogyakarta, pada Rabu, 31 Januari.

Menteri Basuki mengatakan, dengan program pembangunan sarana dan prasarana kesehatan yang semakin banyak, maka kebutuhan tenaga kesehatan juga meningkat.

"Dengan fasilitas kesehatan yang semakin banyak dan dekat kepada masyarakat serta alat-alat kesehatan yang sudah modern, maka tenaga kesehatan perlu ditraining dengan baik," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis, 1 Februari.

Basuki menyebut, Kementerian PUPR mendukung penuh upaya Kemenkes untuk peningkatan pelayanan kesehatan melalui pembangunan Puskesmas dan Rumah Sakit di kota-kota besar, seperti Surabaya, Kupang dan Makassar.

"Kementerian PUPR terus mendukung Kemenkes melalui penyediaan asrama seperti Poltekkes ini. Untuk selanjutnya, kami juga berencana membangun di Medan dan beberapa kota lainnya," ucapnya.

Pada kesempatan sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap, dengan semakin meningkatnya fasilitas dan sarana prasarana bagi Poltekkes, akan semakin banyak putra-putri dari seluruh Indonesia yang berkesempatan belajar di Poltekkes. Sehingga, setelah kembali dapat memberikan pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing.

"Kemudian, Kemenkes juga ingin mendidik orang-orang luar negeri di sini yang sekaligus merupakan pengakuan bahwa kualitas pendidikan kami bagus. Dan kami juga ingin mendidik tenaga kesehatan kami supaya bisa kerja di luar negeri. Sebab, pendapatannya lebih besar dan kebutuhannya lebih banyak," tuturnya.

Adapun pembangunan Rumah Susun Asrama Mahasiswa Poltekkes Kementerian Kesehatan Yogyakarta dilaksanakan secara Multiyears Contract (MYC) oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa III Direktorat Jenderal Perumahan pada 2022-2023.

Rumah Susun Asrama Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ini terdiri dari 4 lantai dan memiliki kapasitas hunian sebanyak 340 orang.

Rumah susun ini memiliki 86 unit hunian tipe 24 yang dilengkapi dengan 86 set meubelair. Termasuk Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) berupa perkerasan/paving blok, lampu taman dan drainase.