Menhub Sebut Angka Kecelakaan Turun 12 Persen saat Libur Natal dan Tahun Baru
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengyebutkan bahwa angka kecelakaan selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) menurun dibandingkan tahun sebelumnya. Tercatat, angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 3.412 kejadian.

Lebih lanjut, Budi mengatakan jumlah tersebut mengalami penurunan sekitar 12 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang tercacat sebanyak 3.865 kejadian.

“Ini juga menjadi satu indikator kesuksesan angkutan Nataru. Saya ucapkan terima kasih ke Polri yang mengawal intensif pergerakan-pergerakan kendaraan itu,” ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, di Gedung DPR RI, Kamis, 18 Januari.

Penurunan angka kecelakaan ini, sambung Budi, menurun juga karena adanya program mudik gratis yang disedikaan selama periode libur Natal dan Tahun Baru.

Lebih lanjut, Budi bilang selama libur Nataru Kementerian Perhubungan juga menyediakan mudik gratis. Program ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

“Ini satu catatan buat kita saat mudik Lebaran kita imbau tidak cuma kementerian saja, tetapi juga operator dan korporasi untuk memberikan fasilitas ini (mudik gratis) minimal kepada karyawannya,” tuturnya.

Di sisi lain, Budi juga menyinggung soal angka pergerakan masyarakat selama periode libur Nataru. Kata dia, tercatat ada sebanyak 126 juta masyarakat yang melakukan pergerakan.

Kata Budi, angka tersebut tidak jauh berbeda dengan prediksi yang dikeluarkan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan.

“Terdapat 126 juta pergerakan masyarakat ke luar provinsi maupun di dalam provinsi. Artinya prediksi yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan tidak meleset dalam jumlah tersebut. Dapun prediksi BKT Kemenhub mencapai 107 juta orang,” katanya.