Bagikan:

YOGYAKARTA - Pasar bebas merupakan istilah ekonomi yang merujuk pada kondisi jual beli yang tidak terikat pada kebijakan maupun sistem ekonomi suatu negara. Konsep pasar bebas kerap menjadi fokus dalam pemikiran ekonomi liberal. Namun belum banyak yang tahu pengertian pasar bebas dan fungsinya.

Dalam pasar bebas, penjual dan pembeli memiliki kebebasan dalam menentukan kebijakan perdagangan atau transaksi yang dilakukan. Jadi kegiatan produksi dan penjualan produk baik barang atau jasa dijalankan tanpa adanya campur tangan negara atau pihak pemerintah. 

Konsep pasar bebas lebih menerapkan sistem ekonomi dari adanya permintaan dan penawaran. Dalam ekonomi pasar bebas, kegiatan perdagangan antara perusahaan atau negara tidak terhalang hambatan seperti regulasi, kuota, dan intervensi dari pemerintah. Lantas apa itu pasar bebas dan tujuannya dalam sistem ekonomi?

Pengertian Pasar Bebas

Pasar bebas adalah aktivitas perdagangan yang dilakukan berdasarkan penawaran dan permintaan tanpa kendali dari pemerintah atau negara. Dalam pasar bebas, produsen atau penjual memiliki kewenangan sendiri dalam pengelolaan produksi dan menentukan harganya. 

Berdasarkan Britannica Encyclopedia, pasar bebas diartikan sebagai pasar untuk bentuk sistem pertukaran ekonomi. Namun dalam pasar bebas ketentuan mengenai pajak, kuota, kualitas atau mutu, dan tarifnya tidak terpusat pada otoritas tertentu, termasuk dari pemerintah.

Menurut Adam Smith, pakar ekonomi kapitalis, pasar bebas adalah pasar yang memberikan kebebasan kepada individu atau masyarakat untuk melakukan jual beli. Kegiatan perdagangan dalam pasar bebas tidak hanya berasal dari pasar lokal, namun produsen dan penjual juga bisa dari luar negeri. Mereka bebas menawarkan barang dan jasa tanpa intervensi pemerintah.

Tujuan dari Pasar Bebas

Fungsi dari pasar bebas adalah menyediakan keleluasaan atau kebebasan kepada masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan ekonomi, seperti aktivitas impor dan ekspor barang. 

Pasar bebas memiliki sejumlah tujuan yang menjadi dasar penerapannya dalam sistem ekonomi. Berikut ini beberapa tujuan pasar bebas secara umum:

Meningkatkan Perekonomian Negara

Salah satu tujuan dari adanya pasar bebas adalah untuk meningkatkan perekonomian negara. Misalnya dalam kegiatan ekspor, tentunya negara akan mendapatkan jangkauan pasar yang lebih besar lagi. 

Dengan terbukanya perdagangan antar negara, maka pasar bebas memberikan peluang lebih besar bagi produsen dari dalam negeri. Produsen bisa meningkatkan kerja produksi dan kualitas produksi agar bisa menembus pasar internasional dan memenangkan persaingan secara global. 

Memperluas Pasar atau Target Market

Pasar bebas juga dapat memperluas pasar atau target market dari sebuah bisnis. Sistem perdagangan yang lebih terbuka dapat memperluas konsumen dalam penjualan sebuah produk. Produk berupa barang atau jasa bahkan bisa memiliki potensi lebih laku ketika dipasarkan ke negara lain dibandingkan di negara asalnya.

Memenuhi Kebutuhan dalam Negeri

Tujuan lainnya dari pasar bebas adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selain kegiatan ekspor, aktivitas impor juga bisa berjalan lebih masif dengan adanya pasar bebas. Kegiatan impor untuk mendatangkan barang dari luar negeri ini dapat memenuhi kebutuhan di dalam negeri. 

Dalam kasus ini, beberapa barang mungkin sulit diproduksi dan didapatkan di dalam negeri. Untuk menjawab kekurangan ini, maka kegiatan impor barang dari luar negeri perlu dilakukan. Jadi adanya pasar bebas sangat membantu mencukupi kebutuhan atau keperluan di dalam negeri. 

Meningkatkan Pendapatan Negara

Adanya pasar bebas juga bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan negara. Kegiatan perdagangan dalam pasar bebas akan membantu meningkatkan potensi yang ada di suatu negara dalam memasarkan produk atau jasa lebih luas lagi. Kegiatan ekspor barang ini bisa mendatangkan nilai transaksi jual beli yang lebih besar.

Sebagai Sarana Transfer Teknologi

Pasar bebas juga bertujuan sebagai sarana transfer teknologi antar negara. Negara-negara maju tentunya memiliki produk-produk teknologi yang lebih canggih dibandingkan negara berkembang. Dengan adanya pasar bebas, negara berkembang bisa mendapatkan dan menggunakan teknologi canggih yang dibutuhkan dalam berbagai sektor. 

Demikianlah ulasan mengenai pengertian pasar bebas dan tujuannya dalam sistem ekonomi. Pasar bebas memiliki banyak manfaat baik bagi perekonomian masyarakat maupun suatu negara. Baca juga cara mencari buyer untuk ekspor

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.