Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak pebisnis di Indonesia yang ingin memasarkan barangnya secara global untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau market lebih luas. Banyak yang bertanya bagaimana cara mencari buyer untuk ekspor. Tidak sedikit pebisnis yang ragu atau khawatir produknya tidak laku. 

Mencari buyer di luar negeri untuk kegiatan ekspor merupakan langkah penting yang perlu diperhatikan oleh pebisnis. Tanpa adanya buyer, kegiatan penjualan Anda tidak akan lancar meskipun produk berkualitas bagus dan sudah mengurus semua legalitas. Untuk bisa sukses menembus pasar luar negeri, pebisnis perlu tahu cara mencari buyer untuk ekspor.

Cara Mencari Buyer untuk Ekspor

Pasar di luar negeri merupakan kolam yang menggiurkan bagi para pebisnis atau UMKM untuk menjual produknya. Terbukti telah banyak produk dari Indonesia yang laku keras di luar negeri. 

Selain memperhatikan kualitas produk dan strategi marketing, sebagai pebisnis yang ingin go global maka Anda juga perlu tahu cara mencari buyer untuk ekspor.  

Mengikuti Expo Dagang Internasional 

Salah satu cara paling efektif mencari buyer untuk ekspor adalah dengan cara berpartisipasi dalam pameran dagang internasional. Saat membuka stand di expo dagang, para pelaku bisnis memiliki kesempatan untuk bertemu, berkomunikasi, dan berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli. 

Aktivitas ini dapat memperkuat kepercayaan antara kedua belah pihak, yaitu seller dan buyer. Selain itu, buyer juga dapat secara langsung mengamati atau melihat produk yang ditawarkan, sehingga mereka dapat menilai kualitasnya.

Untuk dapat mengikuti expo dagang internasional, pelaku bisnis perlu aktif mencari informasi terkait baik secara online maupun offline. Misalnya dengan memantau laman website atau akun media sosial Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Mengikuti Pelatihan Ekspor dari Pemerintah

Pemerintah Indonesia terus mendorong sektor bisnis ekspor dengan membentuk dua lembaga, yaitu Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC).

Kedua lembaga dibawah naungan Kemendag tersebut secara rutin menyelenggarakan pelatihan dan seminar yang terkait dunia ekspor, mulai dari prosedur, dokumen, proses pembersihan bea cukai, pengiriman barang, hingga pembayaran ekspor. Selain berbagi pengetahuan tentang ekspor, pelatihan dan seminar ini juga memberikan informasi dan tips yang berguna bagi pebisnis untuk mencari buyer ekspor dengan lebih efisien.

PPEJP dan ITPC juga sering mengadakan pameran bisnis yang menghubungkan eksportir dalam negeri dengan importir dari luar negeri. Dengan aktif mengikuti informasi yang disediakan oleh kedua lembaga ini, para pebisnis punya kesempatan untuk menemukan buyer ekspor.

Membuat Toko Online di Marketplace Global

Sebagai pebisnis yang menjalankan aktivtias ekspor, Anda juga perlu aktif mempromisikan produk di pasar global. Salah satu strategi yang dapat dijalankan adalah dengan membuka toko online pada platform bisnis ke bisnis (B2B) internasional. Dengan menampilkan produk di marketplace tersebut, maka produk-produk Anda dapat menjangkau audiens internasional yang menjadi target.

Tersedia banyak marketplace internasional yang dapat dipilih oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya, seperti Amazon.com, eBay.com, Alibaba.com, dan sebagainya. Umumnya platform-platform tersebut membebankan biaya beragam dengan sistem pembayaran yang berbeda. Tetapi ada juga marketplace yang menyediakan layanan secara gratis, seperti Flipkart dan Fruugo.

Membuat Website Berbahasa Inggris

Website juga menjadi salah satu platform yang bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mencari buyer dari luar negeri. Website tidak hanya berfungsi sebagai representasi profil perusahaan, tetapi juga menunjukkan layanan bisnis dan informasi-informasi terkait. 

Sebaiknya Anda membuat website yang berbahasa Inggris untuk menyesuaikan dengan target audiens yaitu pembeli internasional. Tidak perlu membuat desain website yang terlalu rumit. Yang terpenting adalah kejelasan penyampaian informasi di website, mulai dari profil brand atau perusahaan, deskripsi serta spesifikasi produk unggulan, dan lain-lain.

Demikianlah ulasan mengenai cara mencari buyer untuk ekspor. Jika Anda berencana melakukan bisnis ekspor, maka terapkan sejumlah strategi di atas agar bisa mendapatkan buyer dari luar negeri sehingga penjualan produk Anda bisa berjalan lancar dan meningkat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.