Bangun Infrastruktur Telekomunikasi di IKN, Telkom Gelontorkan Dana Sebesar Rp280 Miliar
Vice President Network/IT Strategy Telkom Rizal Akbar. Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) siap menggelontorkan investasi sebesar Rp280 miliar untuk mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Vice President Network/IT Strategy Telkom Rizal Akbar mengatakan, secara keseluruhan total investasi yang digelontorkan tersebut akan mampu memenuhi kebutuhan sekitar 400.000 penduduk hingga tiga tahun ke depan.

"Di tahap awal ini, kami berinvestasi di angka Rp280 miliar secara bertahap. konsepnya sebenarnya memastikan bahwa seluruh keutuhan jaringan telekomunikasi sesuai yang disyaratkan OIKN itu terbangun," kata Rizal kepada wartawan di The Westin, Jakarta, Senin, 15 Januari.

Rizal mengatakan, investasi yang akan digelontorkan pihaknya tersebut dilakukan untuk kebutuhan jaringan telekomunikasi sesuai yang diisyaratkan oleh Otorita IKN rampung terbangun sebelum pelaksanaan Upacara Kemerdekaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Dia menambahkan, total investasi awal yang disuntik pihaknya juga salah satunya akan digunakan untuk menunjang pembangunan fiber optik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A.

"(Investasi) itu termasuk (untuk membangun) fiber di kawasan KIPP 1A, membangun tower, smart pole. Kemudian, akses wifi di sana," ujarnya.

Menurut dia, total nilai investasi tersebut bisa akan bertambah apabila trafik penggunanya terus bertambah.

"Yang sudah diputuskan di rapat direktur (investasinya) adalah Rp280 miliar, itu tahap awal. Kami siap tambah investasi sesuai pertumbuhan trafik (penggunanya)," imbuhnya.