Bagikan:

YOGYAKARTA - Akuntansi memegang peranan yang sangat berarti dalam upaya pengambilan keputusan pada sistem ekonomi ataupun keuangan. Penafsiran dari akuntansi itu sendiri merupakan sesuatu sistem data yang dirancang buat mengukur aktivitas bisnis, memproses informasi ke dalam wujud laporan, sampai mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak manajemen. Ingin tahu perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen?

Peranan utama dari ilmu akuntansi tidak lain ialah buat menolong tugas manajemen, khususnya dalam peranan pengawasan serta perencanaan. Secara universal, akuntansi berhubungan dengan permasalahan keuangan sampai kegiatan pencatatan uang.

Kendati demikian, dalam pelaksanaannya di dunia bisnis ada bermacam tipe akuntansi. Masing-masing mempunyai peranan serta guna yang berbeda. Beberapa kategori akuntansi yang sangat umum diketahui oleh masyarakat luas, ialah akuntansi keuangan serta akuntansi manajemen.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan salah satu kategori akuntansi yang berhubungan dengan penyiapan laporan keuangan untuk beberapa pihak luar, semacam pemegang saham, pemasok, kreditur, serta pihak-pihak yang lain yang berkaitan.

Sistem akuntansi keuangan secara umum dimaksudkan buat mengendalikan berbagai macam pencatatan transaksi yang dicoba oleh industri ataupun organisasi sampai menyusun laporan keuangan transaksi yang terjalin sepanjang satu periode kepengurusan.

Pada dasarnya, akuntansi keuangan dijabarkan selaku wujud penyajian laporan keuangan suatu perusahaan kepada pihak eksternal, baik dalam wujud laporan neraca, rugi laba, perubahan modal, sampai arus kas kepada pemegang saham, kreditur, ataupun investor. Hal-hal tersebut berhubungan khusus dengan profitabilitas serta kredibilitas perusahaan, supplier, ataupun pemerintah.

Supaya lebih memahami akuntansi keuangan, pelajari pendekatan konseptual dan bermacam latihan soal yang praktis dengan topik ini pada novel Akuntansi Keuangan yang ada di bawah ini.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Secara garis besar, akuntansi manajemen menyajikan beberapa informasi pula dalam wujud laporan keuangan, tetapi lebih terpaut pada informasi historis dalam melaksanakan proses manajemen yang meliputi banyak hal, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian serta penilaian kerja.

Berikutnya, laporan keuangan yang ada bakal diserahkan kepada pihak-pihak terkait untuk

dianalisis lebih jauh. Pihak- pihak tersebut terdiri dari top manajemen, manajer keuangan, manajer produksi, dan manajer pemasaran.

Pihak- pihak tersebut mengurus beberapa aspek perusahaan terkait bidang yang jadi tanggung jawabnya. Dalam proses analisa itu sendiri, dibutuhkan analisis yang akurat supaya pihak manajemen bisa mengambil keputusan yang pas untuk perusahaan.

Oleh sebab itu, laporan keuangan akuntansi manajemen wajib dibikin lebih rinci serta mendetail supaya data yang diberikan kepada atasan dapat sedetail mungkin.

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

  1. Berdasar Tujuan

Akuntansi keuangan tujuanya menghasilkan laporan keuangan yang menggambarkan keadaan serta performa industri pada periode tertentu. Akuntansi manajemen tujuan buat menghasilkan laporan secara khusus serta perinci, mengidentifikasi masalah yang mencuat dan menuntaskan permasalahan tersebut.

  1. Berdasar Pengguna Laporan

Akuntansi keuangan menolong pihak eksternal untuk membuat keputusan terpaut ekonomi serta investasi sehingga bisa dilakukan penilaian kinerja manajemen dalam melaksanakan bisnis. Sebaliknya, akuntansi manajemen digunakan buat menyediakan informasi keuangan untuk keperluan pihak manajemen ataupun pihak internal perusahaan yang dipakai selaku bahan penilaian serta fasilitas pengambilan keputusan buat perusahaan.

  1. Berdasar Rentang Waktu

Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan yang mencakup rentang jangka waktu tertentu misalnya pada periode satu tahun, setengah tahun, ataupun bulanan. Sebaliknya akuntansi manajemen mempunyai rentang waktu yang jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan akuntansi keuangan, misalnya setiap hari ataupun mingguan.

  1. Berdasar Fokus Informasi

Akuntansi keuangan fokus pada informasi masa lalu dengan memberikan gambaran pertanggungjawaban manajemen perusahaan atas pengelolaan dana perusahaan. Sebaliknya akuntansi manajemen cenderung berorientasi kepada masa yang bakal datang.

  1. Berdasar Tipe Informasi

Akuntansi keuangan cuma mengukur mengenai keuangan saja serta berpedoman pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Sebaliknya akuntansi manajemen mengukur keuangan serta operasional dan pengukuran fisik proses, supplier, teknologi, kompetitor, serta juga pelanggan. Laporan ini pula tidak mempunyai batasan pada prinsip akuntansi.

Kalian juga bisa mempelajari akuntansi lebih dalam lagi dengan membaca artikel kami yang berjudul: “Pengertian Program Akuntansi Serta 10 Kegunaannya”.

Jadi setelah mengetahui perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!