Disentil Ridwan Kamil soal Jalan Rusak di Tol Cipularang, Jasa Marga Langsung <i>Gercep</i>
Ilustrasi jalan (Foto: antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division buka suara terkait adanya laporan mengenai jalan berlubang di Jalan Tol Cipularang arah Jakarta.

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan, pihaknya segera melakukan penyisiran lubang di Jalan Tol Cipularang tersebut.

"Sejak pukul 10.00 WIB pagi tadi, tindakan awal berupa patching atau penambalan sementara dengan menggunakan hotmix di lokasi lubang telah selesai dilaksanakan di sepanjang KM 118 s.d KM 67 Jalan Tol Cipularang arah Jakarta, yaitu di KM 118, KM 117, KM 115, KM 113, KM 112, KM 108, KM 107, KM 106, KM 100, KM 82 serta sejumlah titik di KM 130 dan KM 137 Jalan Tol Ruas Padaleunyi arah Cileunyi," ujar Widiyatmiko dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Jumat, 12 Januari.

Selain itu, kata Widiyatmiko, pihaknya juga akan menindaklanjuti dengan upaya preservasi berikutnya, yaitu berupa program rekonstruksi perkerasan jalan untuk menjaga tingkat keselamatan dan keamanan pengguna jalan.

Lebih lanjut, Widiyatmiko mengatakan, sebagai upaya antisipasi curah hujan yang tinggi, pihaknya bersama PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) akan melakukan inspeksi dan identifikasi lokasi kerusakan perkerasan jalan oleh tim inspektor secara rutin setiap hari.

"Kami juga menyiagakan tim patching untuk memastikan kerusakan lubang tertangani maksimal 2x24 jam sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk mengoptimalkan pekerjaan patching ini, kami juga membagi tiga tim khusus untuk Jalan Tol Cipularang arah Jakarta," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau kerap disapa Kang Emil mengomentari kondisi salah satu jalan tol milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk atau JSMR.

Dalam unggahan Instagram Story terbarunya, pria yang saat ini tengah menjabat sebagai kurator pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) itu menyebut, bahwa kondisi Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) membahayakan pengendara.

"Yth @pupr_bujt dan @official.jasamarga, itu di sepanjang Cipularang KM 100-60 arah Jakarta banyak sekali lubang-lubang. Membahayakan," ujarnya melalui unggahan Instagram Story @ridwankamil, pada Jumat, 12 Januari.

Dalam unggahan tersebut, Kang Emil menyorot lubang jalan yang dimaksud membahayakan tersebut dengan melingkarinya menggunakan garis berwarna merah.

Terkait hal itu, Kang Emil pun meminta kepada badan usaha jalan tol (BUJT) dalam hal ini Jasa Marga serta kementerian/lembaga terkait untuk segera memperbaiki jalan tol tersebut. "Mohon segera diperbaiki," tambahnya.