Sentil Jasa Marga, Ridwan Kamil Komentari Jalan Tol Cipularang yang Membahayakan
Jalan Rusak di Cipularang (Foto: IG Story Ridwan Kamil)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau kerap disapa Kang Emil mengomentari kondisi salah satu jalan tol milik PT Jasa Marga (Persero) Tbk atau JSMR.

Dalam unggahan Instagram Story terbarunya, pria yang saat ini tengah menjabat sebagai kurator pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) itu menyebutkan bahwa kondisi Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) membahayakan pengendara.

"Yth @pupr_bujt dan @official.jasamarga, itu di sepanjang Cipularang KM 100-60 arah Jakarta banyak sekali lubang-lubang. Membahayakan," ujarnya melalui unggahan Instagram Story @ridwankamil, pada Jumat, 12 Januari.

Dalam unggahan tersebut, Kang Emil menyorot lubang jalan yang dimaksud membahayakan tersebut dengan melingkarinya menggunakan garis berwarna merah.

Terkait hal itu, Kang Emil pun meminta kepada badan usaha jalan tol (BUJT) dalam hal ini Jasa Marga serta kementerian/lembaga terkait untuk segera memperbaiki jalan tol tersebut. "Mohon segera diperbaiki," tambahnya.

Adapun Jalan Tol Cipularang saat ini dikelola oleh PT JSMR dan memiliki total panjang mencapai 58,5 kilometer (km). Ruas tol ini telah dioperasikan sejak 2005 silam.

Ruas tol yang menghubungkan Jakarta-Bandung ini memiliki lima (5) gerbang tol (GT) dan satu (1) akses keluar/masuk. Perinciannya, yakni GT Kalihurip Utama, GT Sadang, GT Jatiluhur, GT Cikamuning dan GT Padalarang Timur.

Di samping itu, jalan tol ini juga memiliki akses keluar/masuk tambahan yang berlokasi di KM 99 atau Akses Darangdan.