Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, sebanyak 710.351 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada periode libur Hari Raya Natal 2023 atau Senin-Kamis, yakni 25 Desember-28 Desember.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga (Persero) Lisye Octaviana mengatakan, ratusan ribu kendaraan itu telah melintas melalui empat Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung). 

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 33,71 persen jika dibandingkan lalin normal yaitu 531.262 kendaraan pada periode yang sama. Jika dibandingkan dengan periode Natal 2022, total volume lalin ini meningkat 9,62 persen atau 647.998 kendaraan," ujar Lisye dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu, 30 Desember.

Lisye menyebut, sebanyak 171.839 kendaraan telah kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Angka ini pun meningkat sebesar 62,43 persen dari lalin normal.

Berikutnya, tercatat sebanyak 176.404 kendaraan kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang.

"Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 348.243 kendaraan atau meningkat sebesar 57,35 persen dari lalin normal," kata dia.

 

Kemudian, tercatat sebanyak 195.536 kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak.

"Sementara itu, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 166.752 kendaraan atau meningkat sebesar 32,76 persen dari lalin normal," ungkapnya.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur Tahun Baru 2024 dengan baik. Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker) saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM, dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan. 

Selain itu, Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi rencana pemberlakuan rekayasa lalu lintas yang dilakukan berdasarkan diskresi Kepolisian. 

Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.