Menhub Ajak Produsen Pesawat Asal China Investasi di Indonesia
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kemenhub)

Bagikan:

 

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak perusahaan produsen pesawat asal China, Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC) untuk berinvestasi mengembangkan industri penerbangan di Tanah Air.

Tawaran tersebut diutarakan Menhub Budi saat bertemu dengan Chairman & CPC Secretary COMAC He Dongfeng di Shanghai, China, Kamis, 11 Januari.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Budi juga berkunjung ke pabrik pesawat COMAC untuk menyaksikan langsung proses pembuatan pesawat berteknologi mutakhir dengan  pengerjaan yang detail.

“Kami mengajak COMAC untuk terus memperkuat kemitraan dan mempertimbangkan untuk berinvestasi mengembangkan industri penerbangan di Indonesia,” ujar Budi dalam keterangan resmi, ditulis Jumat, 12 Januari.

Pada kesemapatan tersebut, Budi juga mengunjungi COMAC Aircraft Operation Support Control Center.

“Saya menekankan agar produksi pesawat terbang ini betul-betul mengutamakan kualitas yang lebih aman, efisien dan ramah lingkungan,” tuturnya.

Selain itu, Budi juga menyaksikan penandatanganan kerja sama antara COMAC dengan maskapai dalam negeri TransNusa. Dimana, Transnusa menjadi maskapai Indonesia pertama yang menggunakan pesawat buatan COMAC.

“Kami menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara kedua belah pihak. Kerja sama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan penerbangan di Indonesia,” ujarnya.