Temani Jokowi Kunjungan ke Tiga Negara, Erick Thohir: Bahas Kerja Sama Perdagangan hingga Investasi
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut serta menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke tiga negara yakni Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam pekan ini.

Hal tersebut disampaikan Erick melalui akun media sosial Instagram pribadinya @erick.thohir dikutip Rabu, 10 Januari.

“Selama seminggu ke depan, saya mendampingi Bapak Presiden Jokowi melaksanakan kunjungan kerja ke Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam,” tulisnya.

Erick juga mengungkapkan tujuan kunjungan kerja yang dilakukan Jokowi. Salah satunya untuk membahas penguatan kerja sama antara Indonesia dengan ketiga negara tersebut.

“Ada sejumlah agenda kami lakukan untuk memperkuat kerja sama perdagangan serta investasi dari ketiga negara ASEAN ini. Semoga dilancarkan semuanya dan kembali ke Indonesia membawa kabar baik,” tulis Erick lagi.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rangkaian kunjungan kenegaraan ke Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam pada 9-14 Januari 2024.

“Kunjungan terakhir saya ke ketiga negara ini sudah lebih dari lima tahun yang lalu dan sudah dikunjungi oleh beliau-beliau ke Indonesia mungkin tidak sekali, dua kali, tiga kali, bahkan mungkin lima kali, baik oleh perdana menteri maupun presidennya,” kata Jokowi ketika menyampaikan keterangan pers menjelang keberangkatannya dari Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Antara, Selasa, 9 Januari.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Filipina kali ini bertepatan dengan perayaan 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Filipina. Jokowi menyebut Filipina sebagai salah satu mitra penting bagi Indonesia.

“Produk alutsista Indonesia banyak yang dibeli oleh Filipina serta investasi Indonesia di Filipina juga cukup signifikan,” tutur dia.

Sementara di Vietnam, Presiden Jokowi akan mendiskusikan upaya peningkatan target perdagangan bilateral.

Sedangkan di destinasi ketiga yaitu Brunei Darussalam, Presiden Jokowi memenuhi undangan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah untuk menghadiri acara pernikahan putranya, Pangeran Abdul Mateen.