Gerbang Tol Papanggo Resmi Beroperasi, Permudah Akses Menuju JIS
Gerbang Tol Papanggo resmi beroperasi mulai Selasa, 12 Desember 2023. Foto: Dok. BPJT Kementerian PUPR

Bagikan:

JAKARTA - Gerbang Tol Papanggo yang merupakan bagian dari Pengembangan HBR 2 (elevated) di ruas Jalan Tol Wiyoto Wiyono kini telah resmi beroperasi mulai Selasa, 12 Desember 2023, mulai pukul 00.00 WIB.

Beroperasinya gerbang tol ini akan mempermudah mobilitas masyarakat yang ingin mengakses Jakarta International Stadium (JIS).

"Diharapkan dengan adanya Gerbang Tol Papanggo ini akan memberikan kemudahan kepada warga di sekitar, termasuk Warakas, Sunter, Papanggo dan sekitarnya, serta dapat menggerakkan roda perekonomian, sehingga masyarakat dapat menikmati keberadaan dari Tol Ir Wiyoto Wiyono ini," ujar Manajemen BPJT Kementerian PUPR dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu, 13 Desember.

Pengoperasian Gerbang Tol Papanggo sendiri berdasarkan pada Surat Keputusan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tanggal 27 November 2023, Nomor: 1704/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Ramp 1 dan Ramp 2 Papanggo sebagai bagian dari Jalan Tol Cawang-Tj Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit.

Gerbang tol ini dilengkapi dengan dua gardu transaksi yang berisi 1 Gerbang Tol Otomatis (GTO) dan 1 Gerbang Tol Multi yang dapat dilalui oleh semua golongan kendaraan.

Adapun penetapan golongan jenis kendaraan dan pemberlakuan besaran tarif Gerbang Tol Papanggo mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Nomor : 74/KPTS/M/2022 Tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cawang- Tomang Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit.

Sehingga, tarif menyesuaikan dengan Gerbang lainnya di ruas Jalan Tol Wiyoto Wiyono.

Sekadar informasi, ruas Tol Wiyoto Wiyono merupakan bagian Jalan Tol Lingkar dalam kota yang terintegrasi dengan jalan Tol Dalam Kota ruas Cawang-Tomang-Pluit.