Optimalisasi Digitalisasi BPR, Komunal Luncurkan Kairos CBS
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai wujud komitmen dalam upaya mendukung Pertumbuhan Inklusi Keuangan dan mendorong Digitalisasi BPR di Indonesia, di momen penghujung tahun ini, Komunal dengan bangga meluncurkan Produk Inovasi Terbaru yang bernama KAIROS CBS.

KAIROS CBS adalah layanan Software as a Service Core Banking System yang dibangun dengan mengedepankan keamanan, kemudahan, serta kebutuhan bisnis BPR.

Kehadiran KAIROS CBS diharapkan dapat menjadi solusi dari berbagai hambatan utama yang dihadapi BPR dalam penerapan teknologi digital di masa kini.  

CTO Komunal, Devin Marco menyampaikan, “KAIROS CBS hadir sebagai solusi dari beberapa hambatan utama yang dihadapi oleh BPR dalam penerapan teknologi digital, seperti hambatan strategi implementasi teknologi digital; besarnya biaya investasi penerapan teknologi digital; hingga kendala sumber daya manusia yang betul-betul ahli dan terpercaya untuk mengimplementasikan teknologi digital tersebut.”

Lebih jauh, Devin memaparkan, bahwa KAIROS CBS dirancang khusus menjadi sofware penghubung dari ekosistem produk yang telah dimiliki oleh Komunal saat ini.

Sehingga nantinya BPR-BPR akan dapat menikmati tidak hanya layanan perbankan untuk kebutuhan operasional BPR itu sendiri, namun juga akan dapat mengakses dengan mudah produk-produk Komunal seperti KomunalP2P dan DepositoBPR by Komunal yang akan terintegrasi langsung dengan KAIROS CBS.

CEO Komunal, Hendry Lieviant menambahkan, pihaknya bersyukur atas kiprah dan pencapaian Komunal sepanjang tahun ini.

"Kedua produk terbaik Komunal, yaitu yang pertama KomunalP2P. Platform pinjaman produktif yang telah berhasil menyalurkan total kredit produktif sebesar Rp 4,4 triliun ke lebih dari 1.300 UMKM di seluruh Indonesia," ungkap Hendry.

Produk kedua, adalah DepositoBPR by Komunal, yaitu aplikasi marketplace pertama khusus produk Deposito BPR di Indonesia yang telah berhasil menyalurkan dana deposito sebesar Rp7 triliun ke lebih dari 330 Mitra BPR terseleksi yang bergabung dengan Komunal.

"Seleksi tersebut meliputi, pertama, aspek legalitas. Tidak sedang dalam pengawasan OJK, sudah masuk dalam LPS," beber Hendry

Sepanjang tahun 2023, Komunal  meraih sejumlah apresiasi dan pengakuan dari masyarakat, organisasi dan pemerintah, di antaranya adalah dengan dianugerahkannya Top 3 ASEAN Business Awards 2023, Kategori Innovative Investment, pada ajang ASEAN Summit 2023.

Selain itu Komunal juga terpilih menjadi pembicara dalam gelaran The Symposium on Digital Economy & Sustainability and The Launch of The Digital Innovation and Sustainable Economic Center yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi Republik Indonesia dan ERIA: Economic Research Institute for ASEAN and East Asia.

Devin menambahkan, sejalan dengan perkembangan sharing-economy saat ini, Kairos CBS memungkinkan BPR pengguna tidak hanya memenuhi kebutuhan operasional namun juga berkolaborasi tanpa batas dengan layanan lainnya guna meningkatkan kemampuan kompetitif BPR di era digital.

"Beberapa layanan kolaborasi yang telah disediakan adalah layanan dari ekosistem Komunal untuk mendukung BPR mendapatkan akses market baru melalui KomunalP2P, serta akses ke likuiditas melalui DepositoBPR by Komunal," pungkas Devin.

Fungsi kolaborasi yang disediakan akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan BPR di Indonesia.