Bagikan:

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Golo Mori Convention Center (GMCC) yang terletak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), bisa menjadi magnet baru untuk pariwisata di dalam negeri. Serta menciptakan dampak positif perekonomian lokal.

Hal ini disampaikan Erick saat meresmikan kawasan Meeting Incentive Conference and Exhibition (MICE) Golo Mori Convention Center (GMCC) pada hari ini Rabu, 6 Desember 2023.

Sekadar informasi, GMCC adalah kawasan Meeting Incentive Conference and Exhibition (MICE) yang dikembangkan dan dibangun oleh member Injourney Group yakni PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang selama 50 tahun telah mengembangkan dan mengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua, Bali.

Pengembangan The Golo Mori menjadi penugasan ketiga oleh Pemerintah kepada ITDC melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2021, setelah pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika/The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) di tahun 2014 hingga saat ini.

“Dibangun dengan standar internasional, GMCC bukan sekadar sarana MICE baru, tetapi juga simbol komitmen kami untuk meningkatkan infrastruktur dan daya tarik pariwisata di Indonesia Timur,” ucapnya dalam keterangan resmi, Rabu, 6 Desember.

Erick mengatakan GMCC merupakan destinasi MICE yang menarik. Pasalnya, tempat tersebut memiliki keindahan alam yang dikelilingi bukit dan pantai yang mempesona, dan dilengkapi dengan fasilitas unggulan.

“Dan dilengkapi dengan beach club, observation deck dan dermaga kayu yang menghadap langsung ke Pulau Rinca, bagian dari Taman Nasional Komodo yang menjadi situs warisan dunia UNESCO,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, GMCC tidak hanya menjadi landmark baru untuk ITDC, tetapi juga sebagai pusat pertemuan dan acara yang akan memajukan sektor pariwisata dan konvensi di Indonesia.

Pembangunan fasilitas GMCC terdiri dari Convention Hall dengan kapasitas 400 pax, VVIP lobby 400 pax, VVIP Lounge 29 pax, VIP Room 12 Pax, Media Center 50 pax dan Amphitheater dengan kapasitas 500 pax.

Selain itu, saat ini konektivitas di kawasan The Golo Mori sangat terbantu dengan adanya akses jalan sepanjang 25 kilometer dari Labuan Bajo, yang diharapkan dapat menciptakan multiplier effect warga sekitar.

Pada bulan Mei 2023, sambung Ari, GMMC juga menjadi venue side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-41 ASEAN 2023.

“Terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam mewujudkan prestasi ini, yang tak terlepas dari dukungan luar biasa Kementerian dan Lembaga terkait, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, NTT dan masyarakat setempat,” ucapnya.