Jadi Penentu Persetujuan Pinjaman, Begini Cara Memperbaiki Skor Kredit yang Rendah
Ilustrasi skor kredit (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara memperbaiki skor kredit sangat penting untuk diketahui, sebab hal ini merupakan salah satu penentu persetujuan pinjaman yang diajukan oleh calon debitur kepada bank.  

Perlu diketahui, skor kredit adalah angka yang mengestimasi kemampuan nasabah dalam melunasi utangnya.

Skor kredit yang baik umumnya berkisar antara 250-900. Skor yang tinggi mengindikasikan kemampuan membayar utang yang lebih baik.

Sebaliknya, skor yang rendah menunjukkan nasabah memiliki masalah dalam pembayaran cicilan.

Lantas, bagaiamana cara memperbaiki skor kredit yang rendah? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Memperbaiki Skor Kredit yang Rendah

Tak perlu khawatir karena ada beberapa upaya yang bisa dicoba untuk memperbaikinya. Simak pembahasan berikut.

1. Bayar cicilan yang sudah menunggak

Cara memperbaiki skor kredit yang pertama adalah dengan membayar cicilan yang sudah menunggak.

Terkait hal ini, debitur atau penerima kredit bisa membuat daftar tunggakan berdasarkan waktu jatuh tempo. Bisa dimulai dengan melunasi tunggakan terlama.

Selain itu, debitur juga bisa membuat list berdasarkan nominal. Untuk cicilan yang kecil bisa dilunasi dengan segera. Sedangkan nominal cicilan yang besar bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial. Usahakan tidak mengajukan kredit baru bila masih ada tanggungan.

2. Bayar cicilan sesuai jatuh tempo

Cara memperbaiki skor kredit rendah yang berikutnya adalah membayar cicilan sesuai dengan jatuh tempo.

Ketika mengajukan kredit, biasanya kreditur atau pemberi pinjaman akan memberikan tenggat waktu tertentu bagi nasabah untuk membayar cicilan. Nah, pembayaran cicilan sesuai dengan jatuh tempo dapat mencegah penilaian kredit yang buruk.

3. Hindari menutup akun kartu kredit

Hindari menutup akun kartu kredit yang tidak terpakai. Pasalnya, hal ini dapat berdampak pada skor kredit. Selain itu, menutup kartu kredit juga bisa mengubah sisa credit utilization (rasio jumlah kredit yang sudah digunakan dengan total limit yang dimiliki).

4. Cek limit kredit

Ketika mengajukan pinjaman, usahakan untuk menggunakan jatah kredit sebanyak 30 persen atau kurang. Hal ini agar Anda dapat mengamankan jatah pinjaman di kemudian hari.

Asal tau saja, setiap orang mempunyai limit pinjaman yang berbeda. Nah, sering kali nasabah merasa aman karena memiliki limit yang tinggi.

Akhirnya, nasabah menjadi kalap dan selalu meminjam uang dalam jumlah besar. Sebaiknyaa, hal ini perlu dihindari dan manfaatkan jatah kredit sebijak mungkin.

5. Periksa laporan kredit

Cara memperbaiki kredit skor yang terakhir adalah dengan selalu memerika laporan kredit atau credit report.

Credit report adalah laporan kredit debitur selama menjalani aktivitas kredit yang berisikan informasi lengkap soal identitas debitur seperti profil kredit, kredit historits, hingga skor kredit. Debitur bisa mendapatkan kredit report dengan mendatangi kantor OJK atau LPIP lainnya.

Dengan memeriksa laporan kredit, nasabah dapat mengetahui gambaran profil risiko dan reputasi keuangan. Credit report juga berisi prediksi kemungkinan gagal bayar bila diberikan pinjaman.

Cara Melihat Skor Kredit

Cara Melihat skor kredit dapat dilakukan lewat laman Idebku OJK. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser Anda dan ketikkan https://www.idepku.ojk.go.id/
  • Berikutnya, klik tombol pendaftaran.
  • Masukkan data yang diminya, mulai dari jenis debitur, kewarganegaraan, jenis identitas debitur, dan nomor identitas.
  • Isi data diri, seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, provinsi, email, dan nomor HP.
  • Klik tombol “Selanjutnya”
  • Unggah foto identitas, foto diri dengan kartu identitas, dan foto diri. Upload foto tersebut sesuai dengan petunjuk yang disediakan. Lalu, klik “Selanjutnya”.
  • Bila data sudah sesuai, ceklis pada keterangan seluruh data yang disampaikan benar dan siap tunduk pada syarat serta ketentuan di OJK. Kemudian, tekan tombol “Ajukan Permohonan”.
  • Selanjutnya, akan muncul pemberitahuan “Pendaftaran Berhasil” serta tampak nomor pendaftaran dan bisa dicopy. Tekan tombol “Tutup” untuk menutup notifikasi.
  • Anda juga bisa mengecek status permohonan dengan menekan tombol “Status Layanan” dan masukkan nomor pendaftaran.
  • OJK akan memproses permohonan dan mengirimkan informasi tentang kredit skor paling lambat 1 haru setelah permohonan selesai.

Demikian informasi tentang cara memperbaiki kredit skor. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.