AP II Proyeksi Jumlah Penumpang Meningkat 8 Persen di Periode Nataru 2024
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura II memproyeksikan jumlah penumpang pesawat akan meningkat sebanyak 8 persen pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Plt Dirut AP II Wendo Asrul Rose mengatakan, pihaknya siap untuk melayani perjalanan udara masyarakat dalam periode Nataru 2024.

“Secara korporasi kalau kita lihat prediksi atau proyeksi trafik dalam proses penataan 2023-2024 ini, diperkirakan akan naik 8 persen dari semula di tahun 2022 3,7 juta penumpang akan menjadi 4 juta penumpang,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan komisi VI DPR, ditulis Selasa, 5 Desember.

Bahkan, Wendo bilang di Desember 2023 ini diprediksi akan menjadi puncak trafik penumpang terbesar AP II sepanjang tahun 2023 yakni mencapai 7,5 juta orang.

“Proyeksi traffic di Desember ini diperkirakan akan menjadi traffic terbesar sepanjang tahun 2023 di mana pada saat lebaran kemarin 7,4 juta penumpang di bulan Juli dan diperkirakan bulan Desember ini 7,5 juta penumpang,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di periode Nataru ini, Wendo bilang sejumlah maskapai telah mengajukan permohonan penambahan penerbangan ke AP II.

Tercatat, sambung Wendo, per tanggal 30 November AP II telah menerima permohonan penerbangan tambahan atau extra flight sebanyak 456 pergerakan pesawat.

“Kami informasikan juga bahwa saat ini berdasarkan laporan dari kesiapan operator penerbangan saat ini pesawat yang beroperasi ada 444 dan jumlah yang sedang melakukan pemeliharaan 139,” ujarnya.

Pada periode Nataru 2024, PT Angkasa Pura II akan menambah jam opersional bandara di lima bandara yang berada di bawah kelolaan AP II.

Adapun lima bandara yang dimaksud adalah Bandara Internasional Supadio, Pontianak; Bandara Internasional Minangkabau, Padang; Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang; Bandara Internasional Kertajati, Majelengka; dan Bandara Raden Inten II, Tanjung Karang.