Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura II menyampaikan kesiapannya menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Salah satunya mengenai opersional bandara, dari 20 bandara kelolaan AP II, lima di antaranya akan ditambah jam opersionalnya.

Adapun lima bandara yang dimaksud adalah Bandara Internasional Supadio, Pontianak; Bandara Internasional Minangkabau, Padang; Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang; Bandara Internasional Kertajati, Majelengka; dan Bandara Raden Inten II, Tanjung Karang.

“Untuk operating hours bandar udara ini ada lima bandara yang kami kelola yang menambah jam operasinya yaitu Pontianak, Padang, Pangkal Pinang, Kertajati dan Tanjung karang,” ujar Plt Dirut AP II Wendo Asrul Rose dalam rapat dengar pendapat dengan komisi VI DPR, ditulis Selasa, 5 Desember.

Lebih lanjut, Wendo mengatakan penambahan jam opersional di lima bandara tersebut bervariasi tergantung permintaan dari maskapai penerbangan.

Adapun penambahan jam opersional lima bandara tersebut berlaku mulai tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 4 Januari 2024 mendatang.

“Ada yang 1,5 jam, variatif ada yang 1 jam jadi tergantung nanti permintaan dari airlane-nya. Kita udah tambahin totalnya dari sekian bandara 4,5 jam,” jelasnya.

Wendo mengatakan selama periode libur Nataru 2024 ini diperkirakan jumlah penumpang di 20 bandara kelolaan AP II sebanyak 4 juta orang. Jumlah tersebut meningkat 8 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

“Secara korporasi kalau kita lihat prediksi atau proyeksi trafik dalam proses penataan 2023-2024 ini diperkirakan akan naik 8 persen dari semula di Tahun 2022 3,7 juta penumpang akan menjadi 4 juta penumpang,” katanya.

Bahkan, Wendo bilang di Desember 2023 ini diprediksi akan menjadi puncak trafik penumpang terbesar AP II sepanjang tahun 2023 yakni mencapai 7,5 juta orang.

“Proyeksi traffic di Desember ini diperkirakan akan menjadi traffic terbesar sepanjang tahun 2023 di mana pada saat lebaran kemarin 7,4 juta penumpang di bulan Juli dan diperkirakan bulan Desember ini 7,5 juta penumpang,” ucapnya.