Bank Danamon Pastikan Akuisisi Portofolio Kredit Standard Chartered Rampung Bulan Ini
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) mengungkapkan akuisisi portofolio kredit Standard Chartered Bank Indonesia (SCBI) akan rampung pada Desember 2023.

Unsecured Business Head Bank Danamon Tresia Sarumpaet mengatakan, dengan selesainya proses akuisisi tersebut membuat layanan kartu kredit, kredit pemilikan rumah (KPR) hingga kredit tanpa agunan (KTA) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) SCBI akan dialihkan ke Bank Danamon.

"Prosesnya sendiri (akan selesai) weekend ini. Jadi setelah weekend ini nasabah kartu kredit, mortgage atau KPR dan kredit tanpa agunan (KTA) Standard Chartered akan berpindah ke Danamon," kata Tresia dalam acara Journalist Class di Menara Bank Danamon, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Desember.

Tresia menambahkan salah satu alasan melakukan akuisisi portofolio pinjaman ritel konvensional SCBI untuk mengembangkan bisnis ritel yang dimiliki saat ini.

"Tentunya itu sebagai salah satu strategi Bank Danamon untuk mengembangkan bisnis ritelnya sesuai dengan risk apetite bank juga," jelasnya

Tresia menyampaikan total nilai aset yang diambil alih lebih tinggi untuk produk consumer loan atau kredit konsumer.

Seperti diketahui, SCBI telah menandatangani perjanjian dengan Bank Danamon Indonesia untuk mengalihkan portofolio konvensional kartu kredit, personal Loan (CCPL), mortgage, dan auto loan pada 17 April 2023.

Melalui akuisisi ini, Danamon bertujuan untuk memperkuat bisnis Consumer yang merupakan salah satu pendorong pertumbuhan bisnis utamanya, dan menciptakan economies of scale dari investasi pada jaringan cabang, perbankan digital, dan kapabilitas lainnya.