Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) doprediksi bergerak di level pivot pada perdagangan hari ini, Selasa 5 Desember. Phintraco Sekuritas memperkirakan IHSG diperdagangkan di resistance 7.150, pivot 7.100, dan support 7.050.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, indeks-indeks Wall Street melemah di Senin. Pelemahan dipicu oleh respon sebagian pelaku pasar terhadap pernyataan Kepala The Fed Jerome Powell bahwa terlalu prematur untuk membicarakan mengenai pemangkasan suku bunga acuan pada saat ini.

"Ditambah lagi, harga minyak melanjutkan pelemahannya di Senin. Hal ini dipicu oleh keraguan pasar terhadap pemangkasan lanjutan terhadap volume produksi minyak oleh negara-negara anggota OPEC+," tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya.

Phintraco Sekuritas menyebut, level 7.100 diperkirakan menjadi pivot level IHSG hari ini. IHSG hari ini diperkirakan bergerak dalam trading range tersebut.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan raup cuan dari saham big 4 bank, yaitu BBCA, BBRI, BBNI dan BMRI. Sebab, keempatnya masih berpeluang lanjutkan penguatannya secara teknikal di hari ini.

"Petunjuk yang semakin jelas bahwa the Fed dan ECB akan menahan suku bunga acuan di Desember 2023 membangun keyakinan bahwa BI juga akan mengambil langkah serupa," tambah Phintraco Sekuritas.

Di sisi lain, Phintraco Sekuritas mengingatkan untuk mewaspadai potensi koreksi atau pullback pada saham-saham yang telah membukukan reli signifikan dalam sepekan terakhir, terutama di sektor infrastruktur dan technology-related.

"Di samping saham big 4 bank tersebut, pelaku pasar dapat mencermati peluang speculative buy pada AMMN dan AKRA dan trading buy pada UNTR dan BRIS," tutup Phintraco Sekuritas.