Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bakal jatuh ke kisaran 7.400 pada hari ini, Selasa 1 Oktober. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG hari ini bergerak pada rentang resistance 7.680, pivot 7.600, dan support 7.500.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, pelemahan Senin 30 September memvalidasi indikasi minor bearish reversal. Jika pelemahan masih berlanjut, waspadai target level dari minor bearish reversal tersebut pada kisaran 7.400. Indikasi potensi berlanjutnya bearish reversal adalah net sell investor asing yang signifikan.

“Akan tetapi, IHSG hari ini berpotensi technical rebound ke kisaran 7.550-7.580 bersamaan dengan libur bursa China,” tulis Phintraco Sekuritas.

Sedangkan untuk sentimen eksternal, Phintraco Sekuritas menyebut khususnya dari regional Asia diperkirakan masih mendominasi. Perbaikan indeks manufaktur Indonesia ke 49.5 di September 2024 dari 48.9 di Agustus 2024 dan realisasi inflasi yang masih tertahan di kisaran 2 persen kecil diyakini tidak berdampak signifikan terhadap IHSG hari ini.

“Pasar masih akan mengantisipasi data makro, berupa pertumbuhan ekonomi kuartal III 2024 di awal Oktober 2024,” jelas Phintraco Sekuritas.

Kembali ke eksternal, Phintraco Sekuritas menyatakan, pasar akan mencermati realisasi inflasi di Euro Area dan indeks manufaktur di Amerika Serikat (AS).

Phintraco Sekuritas merekomendasikan lima saham untuk hari ini, yaitu ENRG, AKRA, PSAB, RAJA, dan TOWR.