Kemenkop UKM Berikan Apresiasi kepada UMKM Binaan Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia di Acara Cerita Nusantara 2023
Foto: Dok. Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI)

Bagikan:

JAKARTA - Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) berpartisipasi aktif dalam acara "Cerita Nusantara: Unveiling the Story of Indonesia Artistry" yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada Selasa, 28 November 2023, di Jakarta Convention Center (JCC). Cerita Nusantara 2023 juga akan menandai kerja sama strategis dengan PTI, yang fokus pada pemberdayaan disabilitas. PTI akan mengambil peran penting dalam acara ini, menunjukkan komitmen terhadap inklusi dan pemberdayaan.

Myra Winarko, Ketua Umum Yayasan PTI, mengungkapkan, dukungan dari Kemenkop UKM dan Dekranas memberikan peluang besar bagi 31 juta kaum disabilitas di Indonesia. PTI, sebagai inkubator bisnis bagi disabilitas, telah menjalankan berbagai program pembinaan di seluruh Indonesia. Ini termasuk pelatihan untuk membuat telur asin, make-up artis, melukis, dan memasak, yang telah membantu banyak disabilitas menjadi lebih mandiri dan masuk ke pasar kerja.

"PTI telah berkomitmen menjawab tantangan pembangunan ekosistem digital bagi kaum disabilitas, dari hulu hingga hilir. Ke depannya, PTI juga berencana mengembangkan platform sendiri untuk terus mendukung pembinaan dan pemasaran digital bagi disabilitas," kata Myra, dikutip Sabtu 2 Desember.

Myra menambahkan, begitu banyak kerja sama antara PTI dan Kemenkop selama ini dalam kegiatan selebrasi hari disabilitas internasional. Kerja sama ini diisi dengan menyelenggarakan kegiatan Karya Tanpa Batas di tahun 2023, di antaranya dengan melakukan kegiatan pelatihan digitalisasi bagi para disabilitas, membuat lomba karya lukis yang diikuti lebih dari 100 orang penyandang disabilitas, melakukan pameran dan bazaar yang diikuti 40 jenis usaha penyandang disabilitas dan pemberian award bagi insan disabilitas yang inspiratif.

"Pada tahun ini, kerja sama Kemenkop dan PTI difokuskan dalam membangun beberapa badan usaha disabilitas untuk menjadi inkubator bisnis INWIDITA. Kerja sama ini terdiri dari 6 jenis usaha disabilitas yang akan mendapatkan pelatihan capacity building dan business matching untuk mencari investor yang cocok dengan badan usaha tersebut," ujar Myra.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menekankan pentingnya mengembangkan ekosistem bisnis yang berkelanjutan dengan melakukan pendekatan secara klaster.

"Klaster itu bisa dari produknya maupun klaster wilayah. Contoh di Garut, kami mendirikan pabrik konveksi untuk menghasilkan produk olahan kulit seperti jaket, sepatu, dan tas," ungkap Teten.

Selain itu, dari sisi pembiayaan sudah terdapat KUR klaster. Klasterisasi menurut Menteri Teten membuat pengembangan pelatihan pada UMKM menjadi lebih mudah.

"Mereka tidak lagi harus memikirkan cara mengembangkan produknya, bahan baku dari mana karena bisa langsung dipasok, hingga didukung marketingnya," ujar Teten.

Cerita Nusantara 2023 adalah sebuah perayaan besar wastra, kriya Nusantara, dan produk lokal sebagai wujud nyata dari upaya Kemenkop UKM dan Dekranas dalam membangun ekosistem usaha kriya dan wastra serta wirausaha berbasis teknologi, termasuk startup di Indonesia.

Perjalanan Cerita Nusantara telah dimulai sejak 2021 melalui Cerita Wastra yang berkeinginan mendampingi pelaku wastra, dan dilanjut dengan menyelenggarakan Cerita Kriya pada tahun 2022. Program tersebut telah berhasil memberdayakan lebih dari 10.000 perajin selama dua tahun terakhir.

Acara ini juga akan memberikan apresiasi kepada pelaku usaha kriya dan wastra yang telah memberikan kontribusi signifikan. Penilaian apresiasi ini didasarkan pada kriteria inovasi, keberlanjutan, dan dampak sosial.

Tak ketinggalan, dalam Cerita Nusantara juga terdapat business matching dan financial pitching bagi pelaku usaha start-up agar dapat mengakses pembiayaan, lalu ditutup dengan entrepreneur awarding kepada para pelaku usaha sebagai bentuk apresiasi atas berbagai kontribusi yang diberikan.

Cerita Nusantara 2023 diharapkan akan menjadi event tahunan, yang menampilkan perkembangan di masing-masing sektor kriya dan wastra. Kemenkop UKM, Dekranas, dan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju menggagas program ini sebagai panggung untuk ekosistem kreatif salah satunya Perempuan Tangguh Indonesia, serta berbagai entitas lainnya seperti Jakcloth, Brightspot, Inacraft dan masih banyak lagi.