Trafik Meningkat, Garuda Indonesia Bakal Tambah Penerbangan Umrah di Tahun Depan
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai Garuda Indonesia memproyeksikan tahun 2024 sebagai momentum pertumbuhan trafik penerbangan umrah.

Untuk mengakomodir pertumbuhan tersebut, Garuda bakal menambah frekuensi penerbangan umrah dari Jakarta di 2024.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, Garuda Indonesia akan merealisasikan sejumlah inisiatif pengembangan layanan penerbangan umrah, termasuk perluasan jaringan penerbangan serta peningkatan frekuensi penerbangan di tahun depan.

“Frekuensi penerbangan umrah dari Jakarta menjadi 15 kali per minggu. Terdiri dari 12 penerbangan menuju Jeddah dan 3 penerbangan ke Madinah pada awal tahun 2024 mendatang,” kata Irfan dalam keterangan resmi, di Jakarta, Jumat, 1 Desember.

Irfan mengatakan, langkah optimistis tersebut selaras dengan kinerja positif lini bisnis umrah Garuda Indonesia di sepanjang tahun 2023, di mana Garuda Indonesia berhasil mengangkut sedikitnya 386.635 jemaah pada periode Januari-Oktober 2023.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 86,97 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya ketika Garuda Indonesia kembali mulai mengoperasikan penerbangan ke Tanah Suci di masa transisi pandemi menuju endemi.

Dengan kinerja positif tersebut, Garuda Indonesia pada periode YTD Oktober 2023 berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan dari lini bisnis penerbangan umrah sebesar 102 persen jika dibandingkan dengan pendapatan pada periode yang sama di tahun 2022.

“Selain merepresentasikan animo masyarakat untuk beribadah ke Tanah Suci, tren positif bisnis umrah di tahun 2023 turut menggambarkan optimisme geliat halal travel di Indonesia pada tahun 2024, yang tentunya harus disikapi sebagai momentum positif dalam memaksimalkan peluang pasar penerbangan bagi jemaah umrah di Indonesia,” ujar Irfan.

Kembangkan Jaringan Penerbangan Umrah

Kata Irfan, Garuda Indonesia pada tahun 2024 akan terus mengembangkan jaringan penerbangan umrah dari berbagai kota di Indonesia, salah satunya dari Solo, melengkapi sejumlah rute penerbangan langsung Indonesia-Arab Saudi yang telah diresmikan di sepanjang tahun 2023.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan untuk mewujudkan waktu perjalanan yang efisien, Garuda Indonesia akan terus berupaya menerapkan jadwal penerbangan terbaik agar seluruh penerbangan umrah tersebut terkoneksi secara optimal dengan jadwal penerbangan domestik dari dan menuju berbagai kota asal para jemaah.

Pada aspek bisnis, langkah pengembangan juga diwujudkan melalui implementasi Sistem Reservasi Group Booking Garuda Umrah mulai 8 Desember 2023 mendatang.

Melalui sistem tersebut, seluruh agen Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dapat melakukan end-to-end business process pembelian tiket group umrah, mulai dari reservasi hingga penerbitan tiket, secara mandiri dan real time (24 jam).

“Langkah tersebut merupakan wujud komitmen kami dalam menghadirkan infrastruktur yang reliable bagi seluruh mitra kami, sehingga akan memberikan kemudahan serta efisiensi dalam proses reservasi yang sebelumnya harus dilakukan secara manual,” pungkas Irfan.