Pemerintah Sudah Cairkan Anggaran Pemilu 2023 Capai Rp18,3 Triliun, Siap untuk Dua Putaran
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. (Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Keuangan laporkan telah mengeluarkan anggaran untuk penyaluran anggaran Pemilu 2024 dan pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp30,1 triliun untuk tahun 2023.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta mengatakan telah mengeluarkan anggaran untuk 16 kementerian dan Lembaga (K/L), termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

"Untuk pemilu ini anggarannya Rp30,1 triliun. Tersebar di 16 Kementerian Lembaga, mulai dari KPU, Bawaslu, dan juga K/L lain seperti Kemendagri dan lainnya," Ucap Isa saat Konferensi Pers APBN Kita, Jumat 24 November.

Isa menyampaikan anggaran yang sudah disalurkan untuk anggaran pemilu sebesar Rp18,8 triliun. Dimana untuk KPU dan Bawaslu mencapai Rp16,3 triliun dan 14 kementerian dan Lembaga sebesar Rp2,6 triliun.

“Yang terbesar ada di dua lembaga utama yaitu KPU dan Bawaslu sudah Rp16,3 triliun,” jelasnya.

Isa menyampaikan Kemenkeu telah menyiapkan anggaran pemilu untuk tahun 2024 sebesar Rp38,2 triliun. Sehingga total anggaran pemilu yang disiapkan mencapai Rp71,3 triliun. Namun besaran anggaran tersebut hanya untuk satu putaran dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Meski demikian, Isa mengatakan telah memastikan anggaran untuk Pemilu 2024 juga dicadangkan bila terjadi putaran kedua.

“Kita pokoknya sudah menyediakan cukup kok, tenang saja. Termasuk kalau ada putaran kedua,” pungkas Isa.