Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sedang mengkaji pembangunan layanan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pihaknya masih mendiskusikan adanya sistem ART sebagai salah satu sarana transportasi di IKN.

Termasuk, sambung Adita, terkait dengan usulan ada trem di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

“Dari Pak Menhub (Budi Karya Sumadi) ada diskusi mengenai ART (Autonomous Railway Transport), seperti trem untuk inner-nya IKN, itu juga ada beberapa diskusi ke arah situ,” katanya saat ditemui di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin, 13 November.

Meski begitu, Adita menegaskan usulan ini masih dalam tahap kajian. Termasuk juga mengenai kebutuhan dan teknologi yang akan digunakan kedepannya.

“Sekali lagi, ini masih harus dikaji. Tapi dilihat dari kebutuhan, radius, teknologinya, sepertinya ART jadi opsinya juga untuk di dalam IKN. Iya disitunya, itu yang masih dibahas. Tetapi, untuk yang lain-lain kita masih liat dulu, yang paling tepat yang mana. Disesuaikan sama kondisi daerah,” tuturnya.

Bahkan, Adita mengungkapkan ada kajian juga terkait pembangunan kereta gantung di IKN. Kata dia, pembahasan akan dilakukan dengan seluruh pihak terkait.

“Kita juga pernah coba jajaki kereta gantung dan sebagainya, tapi sekali lagi perlu penjajakan lagi, dibahas sama K/L terkait, termasuk sama Bappenas, PUPR, Otorita (IKN). Jadi, masih dalam pembahasan,” ucapnya.