Bagikan:

JAKARTA - Food Vlogger menjadi profesi yang semakin banyak dilakukan orang di masa kini. Kita bisa melihat keberadaan mereka mondar-mandir di media sosial seperti Instagram, TikTok hingga YouTube.

Kehadiran mereka sedikit banyak membantu orang untuk mendapatkan rekomendasi makanan enak. Tapi, tidak jarang pula keberadaan mereka membantu roda perekonomian para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dengan memperkenalkan produk UMKM lewat konten, para Food Vlogger ini mampu mengajak netizen untuk membeli produk pelaku usaha tersebut.

Sosok Food Vlogger satu ini juga punya misi untuk menonjolkan para pelaku UMKM lewat konten yang ia unggah. Adalah Clara Monica, Food Vlogger yang aktif di platform sosial media Instagram dan TikTok @clara.monicaa serta YouTube. Lewat unggahannya, ia turut membantu UMKM dalam melakukan pemasaran.

Clara memulai aktivitasnya di dunia content creator media sosial sejak 2020 silam. Kala itu, pandemi COVID-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Kondisi tersebut membuat aktivitas usaha UMKM terdampak. Banyak yang akhirnya gulung tikar lantaran usaha semakin sepi.

Kondisi itu yang menjadi perhatian Clara. Dirinya berpikir untuk membuat konten yang dapat membangkitkan lagi bisnis para pelaku UMKM. Menurutnya, sudah seharusnya produk UMKM semakin dikenal lebih luas lagi.

"Hal itu terus saya lakukan sejak 2020 awal hingga sekarang," tutur pemilik #YukCobaYuk ini, dikutip Rabu 25 Oktober.

Sosok kelahiran Tangerang ini membagikan berbagai rekomendasi dan juga informasi kepada seluruh pengikutnya. Terutama, mempromosikan kuliner dari pelaku UMKM yang layak dan lezat untuk dinikmati.

Banyak pengikut akunnya yang kemudian mendapatkan rekomendasi makanan enak, hingga ‘hidden gems’ tempat kuliner menarik mana untuk dicoba. Ia sangat aktif membagikan hal-hal baru lewat unggahannya. Apalagi menurutnya, ada banyak kuliner yang menarik untuk dikulik.

Clara merasa sangat senang untuk memberikan berbagai rekomendasi dan juga informasi kepada seluruh pengikutnya. Clara juga bersyukur ketika bisa memberikan dampak positif terhadap UMKM yang ia rekomendasikan.

"Saya senang dapat menghasilkan konten-konten yang bermanfaat untuk banyak orang," ujar sosok yang memiliki gelar pendidikan Psikologi ini.

Meski begitu, dirinya tetap tidak lupa untuk menampilkan sesuatu yang serba kekinian. Untuk tetap relevan dengan berbagai tren yang muncul di sosial media, Clara aktif mempelajari dan juga menelusuri lebih lanjut hal-hal viral. Kemudian, mengembangkan kontennya agar dapat menarik lebih banyak orang lagi.

Sejauh ini, sebanyak tiga juta lebih pengikut dari berbagai daerah di Indonesia telah mengikuti akun sosial media Clara untuk mengetahui konten-konten menarik yang ia bagikan.

"Saya juga membagikan berbagai rekomendasi kuliner tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga berbagai kuliner dari luar negeri," kata Clara.