Menteri Basuki Apresiasi Capaian para Atlet, Janji Perbaiki 4 Infrastruktur Olah Raga
Menteri Basuki Hadimuljono (Foto: dok. KPUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Chef de Mission (CdM)/Ketua Kontingen Asian Games 2023 mengapresiasi capaian para atlet yang telah bertanding. Diketahui, Kementerian PUPR akan memberikan dukungan infrastruktur untuk peningkatan prestasi olahraga Indonesia.

"Apresiasi ini di luar bonus yang akan diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sebagai apresiasi, Kementerian PUPR juga akan memberikan dukungan infrastruktur untuk peningkatan prestasi olahraga Indonesia," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Sabtu, 21 Oktober.

Menteri Basuki mengatakan, dukungan infrastruktur olah raga yang sudah dimulai adalah konstruksi Gelanggang Renang di Universitas Negeri Semarang.

"Sekarang juga kami mau coba ditambah gelanggang renang di Universitas Negeri Jakarta sehingga atlet kami bisa berlatih secara kontinu," ujarnya.

Berikutnya, arena skateboard yang sudah disiapkan Kementerian PUPR di Taman Mini Indonesia Indah. "Kemudian hockey, sebetulnya sudah ada di GBK, saya juga rencanakan dan dilihat pengembangan lapangannya di Depok," ucap Basuki.

Terakhir, kata Basuki, pihaknya juga akan menyiapkan arena sepeda BMX di Pulomas dan Banyuwangi. "Saya lihat langsung kemarin memang dari pembinaan dan fasilitas harus ditingkatkan," tuturnya.

Selain itu, Basuki memberikan apresiasi kepada para atlet peraih medali, yakni para atlet yang bertanding di women dragon boat 500 meter (m) dengan medali perak dan men dragon boat 1000 m dengan medali emas. Adapun saat di Hangzhou, dia juga telah memberikan apresiasi langsung kepada para atlet yang meraih medali.

"Kami dari Tim CdM telah berusaha untuk memberikan yang terbaik buat Tim Indonesia. Capaian prestasi yang terbaik sudah kami capai, 7 medali emas, 11 perak, dan 18 perunggu dengan beberapa rekor dunia dan Asia yang dipecahkan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan Menteri Basuki selama menjadi Chef de Mission (CdM)/Ketua Kontingen Asian Games 2023.

"Banyak fasilitas-fasilitas olahraga yang juga akan dibangun oleh Kementerian PUPR. Terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri Basuki yang telah memberikan perhatian terbaik bagi perkembangan olahraga Indonesia," imbuhnya.