Bagikan:

JAKARTA – PT Angkasa Pura I (AP1) mencatata Bandara Lombok telah melayani sebanyak 49.344 pergerakan penumpang selama penyelenggaraan MotoGP seri Grand Prix of Indonesia 2023 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sekadar informasi, MotoGP seri Grand Prix of Indonesia 2023 sendiri dilaksanakan di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober lalu.

Direktur Utama AP1 Faik Fahmi mengatakan pergerakan penumpang tersebut merupakan akumulasi periode penerbangan 11-16 Oktober, dengan rata-rata harian mencapai 8.224 penumpang per hari, atau lebih tinggi 23 persen dari rata-rata harian penumpang pada Oktober 2023 yang sebanyak 6.698 penumpang per hari.

“Syukur alhamdulillah, penyelenggaraan MotoGP seri Grand Prix of Indonesia 2023 berjalan lancar dan sukses. Sebagai bagian dari ekosistem pendukung, AP1 melalui Bandara Lombok telah menjalankan peranan dalam pelayanan penumpang dan logistik tim peserta selama masa persiapan, hari H kejuaraan, hingga after event,” tuturnya di Jakarta, Selasa, 17 Oktober.

Selain itu, kata Faik, AP1 juga mencatat sebanyak 560 pergerakan pesawat udara turut dilayani pada periode 11-16 Oktober. Faik menyampaikan, puncak arus kedatangan penumpang di Bandara Lombok terjadi pada Jumat 13 Oktober dengan total 8.819 penumpang, dengan 5.300 penumpang di antaranya tiba di Lombok.

Sementara puncak arus keberangkatan penumpang terjadi pada Senin 16 Oktober dengan total 10.351 penumpang, dengan 6.571 penumpang di antaranya berangkat meninggalkan Lombok.

Untuk keberangkatan pembalap, kru, dan ofisial tim telah berlangsung pada Senin 16 Oktober dengan menggunakan dua penerbangan, yakni Garuda Indonesia GA7080 yang berangkat pada pukul 10.35 WITA, serta Malaysia Airlines MH8457 yang take-off pada pukul 12.29 WITA. Kedua penerbangan berangkat menuju Melbourne, Australia, untuk mengikuti seri selanjutnya yang akan digelar di Sirkuit Phillip Island pada 20-22 Oktober mendatang.

“Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika merupakan sebuah daya tarik yang sangat luar biasa, sehingga menciptakan multiplier effect terhadap peningkatan jumlah penumpang di Bandara Lombok,” tutur Faik.

Selain pelayanan penumpang, Faik mengatakan AP1 melalui anak usahanya yakni Angkasa Pura Logistik (APL) juga berperan penting dalam pelayanan logistik tim peserta kejuaraan. APL juga akan melayani proses loading dan clearance logistik kargo yang akan berangkat menuju tujuan selanjutnya.

Lebih lanjut, Faik mengatakan keberangkatan penerbangan kargo dijadwalkan dimulai pada Selasa 17 Oktober dengan 2 penerbangan menuju Melbourne, serta pada Rabu 18 Oktober dengan 2 penerbangan menuju Melbourne dan 1 penerbangan menuju Kuala Lumpur.

“Kami turut menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh instansi stakeholder atas sinergi dan kolaborasi yang baik, sehingga seluruh proses berjalan dengan baik. Kami berharap seluruh pelayanan di bandara dapat memberikan kesan tak terlupakan kepada para penonton sehingga ke depannya akan dapat berkontribusi terhadap peningkatan wisatawan ke Lombok umumnya, serta jumlah penumpang di Bandara Lombok khususnya,” pungkas Faik.