Bagikan Rice Cooker Gratis Bisa Hemat Elpiji hingga 29 Juta Kilo, Pengamat: Berlebihan!
Ilustrasi Rice Cooker yang akan dibagikan secara gratis ke masyarakat. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membagikan Alat Masak Listrik (AML) berupa rice cooker Kementerian ESDM mengeklaim, pogram Penyediaan AML sebanyak 500.000 unit pada tahun 2023 di seluruh Indonesia berpotensi meningkatkan konsumsi listrik sekitar 140 GWh setara dengan kapasitas pembangkitan 20MW. Program ini juga berpotensi menghemat LPG sekitar 29 juta kilo atau setara 9,7 juta tabung 3kg.

Pengamat energi sekaligus Guru Besar Tetap Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Iwa Garniwa menilai klaim tersebut berlebihan. Berdasaran pengamatannya, ricecooker saat ini sudah menajdi alat masak biasbagi masyarakat

"Dan mengkonversi ricecooker dengan gas tidak tepat karena sudah banyak masyarakat membuat nasi menggunakan ricecooker," ujar Iwa saat dihubungi VOI, Sabtu 14 Oktober. Menurutnya, konversi yang tepat adalah dengan Kompor listrik atau kompor induksi.

Iwa bilang, program kompor induksi merupakan program yang tepat untuk menghemat gas.

Untuk itu ia menegaskan jika kebijakan bagi-bagi ricecooker tidak tepat jika disandingkan dengan alasan mengurangi konsumsi elpiji.

Iwa juga menilai kebijakan tersbut juga tidak bisa mengatasi permasalahan oversupply listrik PLN yang saat ini masih terjadi.

"Menurut saya kebijakan tersebut tidak efektif dengan alasan seperti hal diatas. Bagaimana bisa meningkatkan konsumsi listrik jika masyarakat sudah banyak menggunakan rice cooker ini," tegas Iwa.

Untuk itu, kata Iwa, jika pemerintah ingin membagikan ricecooker gratis, hal tersebut bisa dilakukan dengan tujuan membantu masyarakat tanpa menggunakan embel-embel menekan konsumsi gas dan meningkatkan konsumsi listrik.

"Kalau pemerintah mau bagi-bagi ricecooker ini lakukan saja dalam rangka membantu masyarakat, bukan utk alasan diatas," pungkas Iwa.

Asal tahu saja, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga. Sebagai turunannya telah diterbitkan pula Petunjuk Teknis Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 548.K/TL.04/DJL.3/2023.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan proses penyaluran rice cooker atau alat penanak nasi berbasis listrik gratis akan dilakukan per paket atau tahapan.